OK

Sstt, Kamu Mesti Tau Ya Kalau Ada Cat yang Bisa Turunkan Suhu Bangunan

19 Juli 2022 · 2 min read · by Dodiek Dwiwanto

Ilustrasi Cat The Coolest White dengan Cat Lain (Foto: Rumah123/Dezeen)

UNStudio dan Monopol Colors berkolaborasi untuk menciptakan cat putih reflektif yang secara ekstrem bisa mengurangi jumlah panas yang diserap oleh bangunan. Hal ini bisa berdampak pada bangunan yang lebih dingin dan kota yang lebih adem, tentunya dalam menghadapi perubahan iklim.

Monopol Colors merupakan produsen cat asal Swiss, sementara UNStudio adalah biro arsitektur asal Belanda.

Designboom melansir produk kedua perusahaan ini adalah The Coolest White. Produk ini menjadi bagian tren dari arsitek dan desainer yang mulai memahami dampak dari pekerjaan mereka terhadap lingkungan.

Baca juga: Gaya Retro Neon yang Penuh Warna, Keren Abis Kan

Cat akan membatasi jumlah panas yang diserap, dalam hal ini penyerapan panas oleh bangunan. Cat akan mengurangi kebutuhan penggunaan pendingin udara atau AC dan juga berdampak pada panas lingkungan sekitar.

The Coolest White juga memantulkan cahaya matahari lebih banyak dari cat lainnya yang biasa digunakan untuk melindungi bangunan dari radiasi sinar matahari yang berlebihan.

Cara kerja cat ini pada prinsipnya adalah material gelap yang biasanya digunakan untuk membangun banyak bangunan itu sebenarnya memantulkan sedikit radiasi dan menyerap lebih banyak panas dari sinar matahari. Hal ini berbeda dengan material yang lebih terang.

Baca juga: Wow, Rumah Ini Dicat dengan 52 Warna, Mau Ikutan Hitung

Untuk mengetahuinya bisa dihitung dari total solar reflection (TSR) atau jumlah pantulan sinar matahari yang bisa dihitung dalam skala 100. Semakin tinggi nilai TSR semakin banyak yang sinar matahari yang dipantulkan dan mengurangi jumlah panas yang diserap.

The Coolest White memiliki nilai TSR lebih dari 80, sementara material berwarna putih memiliki nilai antara 70-75. Menurut Monopol Colors, warna cat gelap biasanya memiliki TSR antara 15-35.

Wah, kalau ada cat yang bisa memantulkan cahaya matahari, tidak menyerap panas matahari, membuat bangunan lebih adem dan dingin, kayaknya kamu mesti beli dan aplikasikan di rumah kamu tuh.

Baca juga: Tips Desain: Warna Terang Jadikan Rumah Lebih Ceria


Tag: , , , , , , , , ,


Dodiek Dwiwanto
Dodiek Dwiwanto

Penulis sekaligus Editor Rumah123.com. Hobi menonton tayangan desain rumah dan gaya hidup di HGTV saat senggang.

Lagi mencari tahu dan belajar soal investasi saham properti dan crowdfunding. Siapa tahu jadi investor.