Ilustrasi Apartemen (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

DKI memang memiliki keterbatasan lahan kalau mau membuat hunian. Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal mengubah aset lahan di  Lebak Bulus, Jakarta Selatan menjadi kawasan hunian TOD (Transit Oriented Development). Asyik nih.

Nantinya, hunian ini akan terintegrasi dengan stasiun MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit). Kebetulan, lahannya memang berdekatan dengan stasiun dan depo MRT di Lebak Bulus.

Wah, ini bakal menjadi kabar gembira buat generasi milenial yang mencari hunian dekat dengan akses transportasi massal.

Baca juga: Hutama Karya Kembangkan Rusunami TOD di Stasiun Jurangmangu

“Kami sudah bicarakan sedikit ada di Lebak Bulus lahannya PU. Kita bisa kerjasamakan agar jadi TOD,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono seperti dikutip oleh Kompas.com.

Lahan di Lebak Bulus ini memiliki luas mencapai lima hektare. Namun, Menteri PUPR belum memastikan apakah nantinya lahan tersebut akan diubah menjadi hunian vertikal (apartemen) atau hunian tapak (rumah).

Kementerian PUPR menyatakan sudah mempunyai master plan pengembangan kawasan. Saat ini , pemerintah hanya menunggu minat pihak lain atau investor untuk diajak bekerja sama.

Baca juga: Perum Perumnas Bangun Mahata Serpong, Hunian TOD di Rawa Buntu

Basuki melanjutkan ketimbang membangun menggunakan dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), seandainya ada pihak swasta yang ingin menjalin kerja sama dengan skema KPBU (Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha) tentunya lebih baik. Ada perhitungan komersial dan juga keuntungan bagi negara.

Sebelumnya, sudah ada pembangunan hunian vertikal berkonsep TOD di atas lahan milik PT KAI. Sejumlah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang membangunnya.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk membangun hunian yang terintegrasi Stasiun Cisauk bernama Cisauk Point. PT Hutama Karya (Persero) membangun di Stasiun Jurangmangu. Sedangkan Perum Perumnas membangun hunian vertikal bernama Mahata Serpong di Stasiun Rawa Buntu.

Baca juga: Ternyata, Pengembang TOD Wajib Sediakan Hunian untuk MBR

Bagikan: 534 kali