Ilustrasi (Foto: Rumah123/Getty)
 

Kalau pas mau masuk ruas jalan Tol Wilangan-Kertosono udah sore saat kamu mudik Lebaran, jangan bablas kalau kamu gak mau dapat kesulitan. “Ruas tol fungsional digunakan pukul tujuh pagi sampai pukul 17.00. Sehingga, kalau malam pemudik tetap melewati jalur reguler,” kata Kapolres Madiun, AKBP I Made Agus Prasatya, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (7-6-2018).

Ruas jalan tol fungsional Wilangan-Kertosono hanya bisa dilewati kendaraan pemudik dari pagi hingga sore.

Meskipun melewati ruas Tol Wilangan-Kertosono yang panjangnya 48 kilometer tanpa bayar alias jalur fungsional, tapi ruas tol ini hanya bisa dilewati dari pagi sampai sore aja. Saat malam belum terpasang lampu penerangan jalan.

Baca juga: Mudik Gak Mau Lewat Tol? Ya Bisa Aja Dong!

Menurut Made, pemanfaatan ruas tol fungsional Wilangan-Kertosono memang tidak tetap. Ruas tol fungsional itu digunakan kalau terjadi kepadatan arus kendaraan pemudik. "Kalau arus kendaraan lancar, maka kendaraan pemudik akan diarahkan ke jalur biasanya," katanya.

Made menyatakan, sudah ada koordinasi antara Polres Madiun dan Polres Nganjuk mengenai pemanfaatan ruas tol fungsional Wilangan-Kertosono. Mau tau koordinasi apa aja? Saat terjadi kepadatan arus mudik ataupun arus balik, maka ruas tol fungsional Wilangan-Kertosono akan dibuka.

Baca juga: Jangan Khawatir, Kemacetan Tol Mudik Lebaran Tahun Ini Udah Diantisipasi Kok!

Untuk mudik Lebaran tahun ini, khusus Madiun emang udah terhubung oleh jalan tol, tapi masalahnya saat keluar dari Tol Wilangan, lalu-lintas sering padat. "Di sinilah fokus prioritas kami. Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Nganjuk agar jam-jam tertentu bisa memanfaatkan tol fungsional Wilangan-Kertosono," kata Made.

Adanya jalan tol memang bisa mengurangi kemacetan arus mudik dan arus balik Lebaran. Dulu, sebelum ada tol, antrean kendaraan di titik tertentu bisa mencapai 5-6 kilometer. “Sepanjang wilayah hukum Polres Madiun, ruas jalan tol yang dilewati sudah sangat layak. Kehadiran tol bisa urai kemacetan,” kata Made.

Bagikan: 4983 kali