Ilustrasi. Rumah123/iStock Ilustrasi. Rumah123/iStock

Aturan penyederhanaan perizinan perumahan diperkirakan akan terbit pada Agustus 2016. Saat ini, materi aturan tersebut sudah dalam tahap finalisasi di Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Penjelasan terkait ini dikatakan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maurin Sitorus menuturkan. Aturan tersebut, nantinya, akan berbentuk Peraturan Pemerintah (PP).

Baca juga: Oktober 2016, Bunga KPR Turun Hingga Jadi Satu Digit

Aturan ini otomatis akan membekukan Peraturan Daerah dan Peraturan Menteri yang sekiranya tidak sejalan. "Finalisasinya ada di Menko Perekonomian, katanya bulan ini mau diumumkan," ujar Maurin, di konferensi pers Percepatan Program Sejuta Rumah, Jumat (19/8).

"Kalau ini diterbitkan, pemda harus menyesuaikan dalam memberi perizinan pembangunan, sehingga bisa diharapkan lebih cepat dan efisien," katanya menambahkan.

Baca juga: Masih Ragu Ajukan KPR? Baca Ini!

Seperti diketahui, banyaknya perizinan ini menjadi masalah utama dari pelaksanaan Program Sejuta Rumah untuk mengatasi backlog perumahan. Hingga kini, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) backlog perumahan masih berjumlah 11,4 juta rumah.

 

Bagikan: 1124 kali