Biro Desain Produk Asal Inggris, Gomi Mendesain Speaker Portable yang Seluruh Materialnya Terbuat dari Plastik (Foto: Rumah123/Designboom)

Sampah plastik kembali memberikan inspirasi kepada desainer produk. Hasilnya adalah speaker portable yang terbuat 100 persen dari material sampah plastik.

Studio desain Gomi menciptakan sebuah speaker portable. Gomi berkantor pusat di Brighton, sebuah kota pantai yang berjarak 76 kilometer dari ibu kota Inggris, London.

Pengeras suara ini terbuat dari material plastik yang biasanya tidak didaur ulang di Inggris. Gomi ingin memperkenalkan perangkat elektronik yang terbuat dari sampah plastik.

Baca juga: Saatnya Mengubah Sampah Plastik Jadi Furnitur, Yuk Ikutan

Sampah plastik ini masih dapat dimanfaatkan ketimbang menumpuk di lautan. Sebanyak 85 persen sampah yang mencemari pantai Inggris dan juga dunia adalah plastik. Inggris sendiri menghasilkan 300 juta ton sampah plastik.

Desain speaker ini terbuat dari tiga modul komponen olahan plastik. Semuanya berasal dari kombinasi teknik memasang karya seni dan fabrikasi digital.

Produsen membuat speaker dengan tangan alias hand made. Jadi setiap produk memiliki estetika individu tersendiri.

Baca juga: Perangi Sampah Plastik, Volvo Kembangkan Produk Mirip Pohon Bakau

Gomi mempersilahkan konsumen untuk perbaikan secara gratis dan dikembalikan secara cuma-cuma untuk didaur ulang. Speaker didesain secara modular, bisa dipisah dengan mudah. Selain itu, komponen bisa dicairkan dan dipakai untuk produk lain di masa depan.

“Kami bekerja sama dengan insinyur elektronika dan pakar profesional dalam bidang audio selama 12 bulan terakhir untuk memastikan produk ini tidak hanya bagus secara estetika, tetapi juga memiliki suara yang jernih,” ujar co-founder Gomi, Tom Meades seperti dikutip oleh Designboom.

Meades juga menyatakan kalau Gomi telah bekerja sama dengan perusahaan ritel besar yang memiliki sampah plastik dalam jumlah besar. Gomi juga menerima sampah plastik dari rumah tangga dan toko lokal.

Baca juga: Wah, Seluruh Interior dan Eksterior Toko Ini Ditutupi Wallpaper Bermotif Sampah Plastik

Bagikan: 515 kali