Perusahaan Teknologi Asal Hong Kong dan Amerika Serikat, Hansons Robotics Memperkenalkan Sophia, Robot untuk Anak Perempuan (Foto: Rumah123/Designboom)

Buat kamu yang memiliki anak perempuan di rumah, kayaknya udah nggak zaman lagi kalau mereka bermain boneka. Di masa depan, anak perempuan bakal bermain robot.

Hanson Robotics memperkenalkan Sophia kecil, robot kecil yang merupakan saudari dari Sophia, produk yang sudah lebih dulu dirilis. Hanson merupakan perusahaan teknologi yang berbasis di Hong Kong, China dan Los Angeles, Amerika Serikat.

By the way, Sophia merupakan produk robot yang sudah mendapatkan kewarganegaraan di Arab Saudi. Sementara adiknya lebih kecil, hanya berukuran 14 inci (35 cm) dan didesain untuk membantu anak-anak untuk belajar kode mendesain robot.

Baca juga: Lovot, Robot yang Bikin Kamu Ga Kesepian Lagi di Rumah

Hanson Robotics mendesain Sophia kecil untuk bisa bicara, bernyanyi, bermain games, dan bisa melontarkan candaan atau guyonan. Robot ini memiliki kemampuan standar.

Namun, tujuan utamanya adalah mengajarkan anak-anak terutama anak perempuan berusia 7-13 tahun untuk belajar artificial intelligence, pemrograman, serta sains, teknologi, rekayasa teknik, dan matematika.

Sophia memiliki program unik, teman belajar untuk anak-anak, memberikan inspirasi kepada anak-anak melalui relasi pengalaman manusia-robot yang interaktif dan aman.

Baca juga: Ga Usah Khawatir Tinggalkan Rumah, Kamu Bisa Memiliki Robot Anjing Penjaga

Saat tidak sedang mengajarkan anak, Sophia memilliki ekspresi untuk menunjukkan emosi termasuk bahagia, sedih, terkejut, mengeluh, dan senang.

Robot ini dapat memberikan respon terhadap perintah, bahkan bisa ikut berpose selfie melalui aplikasi augmented reality (AR). Adanya fitur piranti lunak pintar, Sophia bisa menjadi asisten rumah tangga.

Hmm, semakin banyak produsen yang membuat piranti rumah pintar. Ada robot anjing, piranti untuk hewan kesayangan, robot penjaga, dan lainnya. Rumah kamu sudah ada piranti pintarnya belum?

Baca juga: Wow, Museum Ini Akan Dibangun oleh Robot dan Drone

Bagikan: 603 kali