Desainer Produk Asal Belanda, Juul De Bruijn Mendesain Furnitur untuk Hunian Mikro. Dia Pernah Merasakan Hal yang Sama Ketika Masih Kuliah di Design Academy Eindhoven, Belanda (Foto: Rumah123/Dezeen)

Jika kamu memilih tinggal di hunian mikro, tentunya kamu harus memiliki furnitur mikro juga. Sejumlah desainer produk telah merancang perabot serupa, salah satunya Juul de Bruijn.

Bruijn merancang prototipe perabot untuk penyimpanan bernama MoreFloor. Furnitur ini menjadi solusi penyimpanan yang disembunyikan di bawah lantai.

Dia merancang perabot ini ketika masih menempuh pendidikan di Design Academy Eindhoven, Belanda. De Bruijn mengembangkannya pada tahun terakhir kuliahnya. Kebetulan, dia memiliki masalah keterbatasan tempat tinggal.

Baca juga: Mau Tahu Cara Menyiasati Apartemen Sempit? Hmm, Ini Dia Nih

Furnitur ini ditempatkan di atas lantai. Saat ditaruh bersisian, maka akan membentuk platform setinggi 30 centimeter.

Desainer produk merancang kontainer ini dalam ukuran lebar dan panjang yang berbeda. Tentunya untuk mengakomodasi besar ranjang, jumlah pakaian, dam barang lainnya.

“Saya memiliki apartemen kecil di Eindhoven. Saya benar-benar membutuhkan kamar tambahan untuk bekerja dan frustrasi kalau saya hanya bisa menggunakan ruang tidur sebentar saja,” ujar Bruijn kepada Dezeen.

Baca juga: Rumah 40 Meter Persegi Ditempati 3 Keluarga? Masih Muat Lho!

Bruijn hanya perlu merapikan sedikit perabot, lantas dia bisa menggunakan lantai untuk keperluan lain. “Anda bisa bekerja dan bermain di lantai saat siang, dan ketika lelah, Anda hanya perlu membuka lantai dan tidur di ranjang,” kata Bruijn lagi.

MoreFloor bisa dipasang di ruang yang sudah ada tanpa mengganggu tata letak ruangan. Bruijn menyatakan hanya menambahkan tinggi 30 meter dari ruangan, penghuni bisa mendapatkan tambahan ruangan seluas 6 meter persegi.

Bruijn menggunakan furnitur ini selama lebih dari setahun. Dia mengganggapnya sebagai kanvas kosong yang dapat digunakan untuk keperluan apa saja. Bruijn juga berharap kalau produk seperti ini membuat orang berpikir kreatif soal rumah dan juga membantu mereka yang hidup di perkotaan.

Baca juga: Metode Penyimpanan Ala Jepang Diaplikasikan untuk Apartemen di Australia

Bagikan: 776 kali