OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Solusi Dana Renovasi Rumahmu

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

renovasi rumah

Ilustrasi: Rumah123/iStock

Kalau rumahmu mendesak untuk segera direnovasi sementara dananya belum juga ada, apa solusinya? Bank dapat memberikan pinjaman untuk mendanai renovasi rumahmu. Ada dua jenis pinjaman bank yang bisa kamu ajukan, yakni pinjaman pribadi dan pinjaman renovasi.

Pinjaman Pribadi

Pinjaman pribadi boleh jadi merupakan pilihan pertama saat membutuhkan dana untuk merenovasi rumahmu. Di Indonesia, semua bank utama menawarkan berbagai bentuk pinjaman pribadi, meskipun dengan syarat dan ketentuan.

Ada dua jenis pinjaman pribadi yang ditawarkan bank, yakni kredit tanpa agunan (KTA) dan kredit dengan agunan (KDA).

Pertama, tentu saja kamu harus menentukan bank yang kamu pilih. Tentunya bank yang memberikan suku bunga terendah. Kedua, pastikan berapa besar jumlah pinjaman yang akan kamu ajukan.

Rata-rata bank di Indonesia memberikan batas maksimum tenor cicilan selama tiga tahun untuk pinjaman pribadi.

Pinjaman Renovasi

Pinjaman renovasi bertujuan khusus untuk merenovasi rumah. Di Indonesia, biasanya pinjaman renovasi hanya ditawarkan kepada nasabah bank yang memiliki KPR (kredit pemilikan rumah) atau ditawarkan satu paket dengan KPR.

Berikut adalah beberapa bank yang menawarkan fasilitas pinjaman renovasi:

  1. Bank Central Asia (BCA)

KPR BCA merupakan fasilitas KPR yang dapat digunakan pula untuk renovasi. Keuntungan KPR ini, suku bunganya tetap dengan program Fix & Cap, dan fasilitas pelunasan lebih awal tanpa penalti.

  1. Bank Negara Indonesia (BNI)

Melalui fasilitas BNI Griya, kamu bisa mengajukan kredit minimal Rp15 juta dan maksimal Rp5 miliar. Cicilannya fleksibel dengan jangka waktu pembayaran maksimal 20 tahun atau disesuaikan dengan kemampuan bayarmu.

  1. Bank Tabungan Negara (BTN)

BTN memiliki layanan Kredit Agunan Rumah (KAR BTN) yang bisa dimanfaatkan sebagai pinjaman renovasi rumah. Keunggulannya adalah suku bunga kompetitif, nilai kredit bebas, jangka waktu sangat fleksibel sampai dengan 10 tahun, serta perlindungan asuransi jiwa kredit dan asuransi kebakaran.


Tag: , , , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA