Sofa ruang tamu memiliki peran besar dalam memaksimalkan tampilan ruang tamu yang sempit. 

Ketika bicara soal rumah kecil, kendala yang sering terjadi adalah kurangnya lahan untuk memaksimalkan fungsi setiap ruangan. Untuk ruangan yang bersifat pribadi seperti ruang tidur, mungkin tak jadi masalah besar.

Tapi beda cerita dengan ruangan yang kerap dikunjungi oleh orang lain seperti ruang tamu. Ruang tamu menjadi ruang pertama yang dilihat oleh orang lain yang masuk ke dalam rumah. Untuk itu walaupun ukurannya kecil, pemilik rumah harus pintar-pintar dalam memilih furniture supaya ruang tamu tampak apik. 

Salah satu furniture yang paling dominan di ruangan tersebut adalah sofa. Pemilihan sofa ruang tamu yang tepat, akan sangat memengaruhi tampilan ruangan tersebut nantinya. Salah sedikit, bisa-bisa ruangan tampak sempit dan sesak. Sedangkan untuk menggantinya, tentu tak segampang itu mengingat harganya yang cukup mahal. 

Nah, seperti apa sih sofa ruang tamu yang cocok untuk ruangan kecil? Berikut Rumah123.com berikan penjelasannya!

Sofa ruang tamu 3 seater

sofa ruang tamu - rumah123.com

Sofa minimalis dengan 3 seater atau dudukan untuk 3 orang sangat cocok ditempatkan pada ruang tamu yang tak terlalu luas. Untuk memberikan kesan luas, pilih sofa dengan warna natural.

Baca juga: 7 Desain Ruang Tamu Kekinian Ini Pas Banget Buat Rumah Mungil & Minimalis

Sofa ruang tamu letter “L”

sofa ruang tamu - rumah123.com

Selanjutnya, kamu bisa gunakan model sectional sofa, alias sofa yang terdiri dari beberapa dudukan tapi tersambung menjadi satu. Biasanya, jenis sofa seperti ini akan membentuk huruf L. Sofa letter L bisa memberikan kesan terbuka, sehingga ruangan tampak lebih luas. 

Baca juga: Dari Ruang Tamu Hingga Dapur, Ini 5 Trik Supaya Interior Rumah Minimalis Type 36 Terlihat Lapang

Sofa ruang tamu love set

sofa ruang tamu - rumah123.com

Sofa model ini berukuran dua tempat duduk yang digabung menjadi satu. Biasanya bentuknya terdapat dua sandaran tangan di bagian ujung kiri dan kanan. Untuk sandaran punggung bermacam-macam ada yang memang ada langsung sandaran punggung dan ada pula yang tidak. Beberapa model malah ada yang sandaran punggungnya bisa dipasang dan dicopot.

Sofa ruang tamu dengan kaki tinggi

sofa ruang tamu - rumah123.com

Menggunakan modal sofa ramping dengan kaki-kaki yang tinggi juga bisa jadi solusi untuk memperluas tampilan ruangan. Hindari komposisi warna gelap agar tak menimbulkan kesan kusam. Hindari pula barang-barang dengan desain detail karena hal tersebut hanya menambah kesan sempit. 

Apabila kamu memiliki ruang tamu sempit, sebaiknya implementasikan cara di atas dalam memilih sofa. Semoga kamu berhasil ya!

Bagikan: 1593 kali