sofa kulit vs kain NousDecor

Memilih perabot rumah bagi beberapa orang merupakan keputusan yang gampang-gampang susah, termasuk memilih sofa kulit dan sofa kain.

Untuk diketahui, memilih material sofa bukan hanya sekadar faktor harga sebagai penentu melainkan juga faktor kesehatan.

Perlu diketahui, jenis material sofa sangat sensitif untuk beberapa orang sehingga perlu diperhatikan dengan baik pemakaiannya.

Tak hanya mengutamakan aspek fungsional, unsur estetika juga menjadi faktor penunjang dalam memilih kedua jenis sofa ini di rumah.

Meski tidak terlihat kasat mata, namun komposisi material sofa bisa mempengaruhi keseluruhan rumah supaya terlihat semakin nyaman.

Seperti apa perbandingan antara sofa kulit vs sofa kain untuk kebutuhan hunian? Simak pembahasannya bersama-sama!

Membandingkan Sofa Kulit dan Sofa Kain sebagai Furnitur Rumah 

Beberapa perbandingan kebutuhan antara sofa kulit dan sofa kain bisa menjadi langkah menarik dalam mengambil keputusan untuk membeli mana yang lebih baik.

Simak hal yang perlu kamu ketahui berikut ini. 

1. Faktor Kenyamanan 

Baik sofa kulit maupun sofa kain pastinya sama-sama nyaman dengan memperhatikan beberapa faktor penting.

Faktor utama dalam menjaga kenyamanan sofa ada pada aspek suhu ruangan karena akan sangat menentukan bahan sofa yang digunakan untuk rumah.

Dalam hal ini, sofa kain unggul karena tidak mengenal suhu dan kelembapan udara, terlebih sofa kulit bergantung dengan suhu sekitar.

Salah satu jenis sofa kain dengan tekstur nyaman yang tak mengenal cuaca dengan tekstur menyejukkan adalah sofa linen untuk penggunaan di rumah.

Sementara, pemilihan sofa kulit akan terasa cepat hangat dan menyesuaikan suhu tubuh, sehingga patut dipertimbangkan.

Apabila ingin memastikan kondisi rumah dalam siklus yang stabil, pemakaian kulit akan lebih layak digunakan di rumah.

2. Pemeliharaan dan Daya Tahan 

sofa ruang keluarga

Seiring berjalannya waktu, penampilan sofa menjadi penentu dalam proses penggunaannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kemudahan dalam membersihkan jenis kain juga sangat dipengaruhi oleh pelapis sofa baik kulit maupun kain.

Beberapa jenis kain ada yang mudah untuk dibersihkan, bahkan ada beberapa sofa yang diklaim mampu menyerap air dengan baik.

Tak hanya itu saja, sofa kain juga tersedia dalam bentuk yang bisa dicuci bahannya sehingga praktis dan terjaga kebersihannya di rumah.

Meski demikian, ada juga sofa kain yang cenderung sulit dibersihkan di rumah sehingga menyulitkan dalam hal perawatan.

Oleh sebab itu, jika kamu mengutamakan kepraktisan dalam pemeliharaan memilih sofa kulit cenderung lebih menguntungkan.

Adapun, kekurangan sofa kulit tampak terlihat jika sudah termakan usia bahkan bisa dikatakan tidak bertahan lama apabila memiliki peliharaan di rumah.

Pada intinya, perawatan dan ketahanan sofa sangat bergantung pada tuan rumah sesuai dengan kebutuhan.

3. Ketahanan Warna 

sofa kulit ruang keluarga

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih antara sofa kulit dan sofa kain ada pada ketahanan maupun konsistensi warna.

Pasalnya, seiring berjalannya waktu ketahanan warna akan menyesuaikan terhadap usia, khususnya sofa kain.

Sofa kain akan memudar seiring berjalannya usia, bahkan apabila sofa tersebut bisa dicuci secara terpisah, bahkan ketahanan warnanya pun bisa luntur.

Oleh sebab itu, sofa kulit cenderung lebih tahan lama dibandingkan jenis sofa lainnya untuk kebutuhan perabot rumah.

Meski demikian, untuk menjaga ketahanan warna pada sofa ini kamu bisa gunakan lotion kulit yang tersedia di pasaran dengan mudah.

4. Penampilan 

sofa baby pink

Tak hanya memperhatikan faktor fungsional, aspek penampilan berpengaruh terhadap karakter interior rumah.

Keunggulan mutlak pada sofa kain ada pada bagian ini, terlebih seluruh inspirasi hunian maupun sisi kain sangat menyatu dari berbagai sudut rumah.

Sofa kain bisa memadukan inspirasi terbaik yang dikenal kaya dengan sudut hunian penuh kecerahan dari sisi warna hingga motif.

Lain halnya dengan sofa kulit, pemilihan material ini cenderung mengutamakan aspek fungsional mengingat teksturnya yang tak mudah termakan zaman.

Pemilihan warna cenderung netral, namun dapat disesuaikan dengan berbagai dekorasi rumah dengan baik.

Kamu bisa bebas memilih dan menyesuaikan sofa dengan keseluruhan ruang secara terampil dan estetis.

5. Keamanan dan Kesehatan 

sofa kayu minimalis

Meski dikenal lembut, namun tidak semua orang menyukai sofa kain mengingat sofa ini bisa menghasilkan sumber alergi bagi beberapa orang.

Oleh sebab itu, faktor kesehatan dari sofa ini perlu diperhatikan dengan sangat baik terlebih jika debu yang menempel menimbulkan efek domino, bagi orang yang terkena asma.

Tak ayal jika perawatan sofa kain cenderung ekstra jika dibandingkan dengan sofa kulit yang dinilai aman dan tidak menimbulkan alergi.

6. Harga Sofa Kulit dan Sofa Kain 

sofa futonKeputusan dalam pembelian juga turut dipengaruhi oleh harga sofa tersebut, baik kulit maupun kain untuk kebutuhan rumahan.

Meski memiliki keunggulan pada aspek kesehatan, sofa kulit juga memiliki harga yang cenderung tinggi di pasaran sehingga harus dicermati dengan baik.

Sementara, harga sofa kain cenderung lebih rendah dengan kenyamanan yang dapat disetarakan dengan sofa jenis lainnya.

Dalam memilih perbandingan sofa, pastikan juga mempertimbangkan aspek kebutuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Rasanya dalam hal ini tidak salah jika kamu menempatkan sofa berbahan kulit pada ruang keluarga, dan sofa kain pada ruang tamu.

Manakah jenis sofa yang kamu pilih? Pastikan untuk memilih dengan cermat ya!

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai perbandingan antara sofa kulit dan sofa kain untuk memenuhi kebutuhan furnitur rumah.

Temukan informasi menarik seputar inspirasi hunian, selengkapnya di Rumah123

"Simak keunggulan SQ Res sebagai investasi terbaik di sini."

Bagikan:
566 kali