L Sofa Foto: Rumah123/iStock

Kain lebih jadi pilihan pelapis sofa ketimbang material lainnya semisal kulit. Sofa kain dapat diganti warna dan motifnya setiap waktu.

Biasanya kapan kamu mengganti kain sofa? Menjelang Hari Raya? Berarti itu minimal tiap tahun bahkan bisa jadi kurang dari satu tahun. Mau lebih hemat? Ya, jangan sering gantilah!

Baca juga: Beda Bahan Pelapis Sofa, Beda Juga Penanganannya Lho

Agar kamu tak sering merogoh kocek untuk urusan sofa, gimana kalau kamu lebih menjaga dan merawat sofamu.

Agar sofa kain tidak bau, jika ada noda terjatuh langsung bersihkan dengan tisu basah. Jika dibiarkan berlarut, maka akan membekas dan bau.

Baca juga: Ayo, Bersihkan Sofa Berbahan Kulit Supaya Awet

Bersihkan debu yang menempel di sofa minimal seminggu sekali. Ini agar debu hilang dan tidak memudarkan warna sofa sehingga menjadi kusam.

Debu jika tidak segera dihilangkan bisa mengganggu kesehatan. Selain itu, kutu busuk pun menghinggap. Gunakan vacum cleaner untuk menyedot debu.

Aroma bubuk kopi ternyata bisa menyerap bau tak sedap. Taruh bubuk kopi ini di kain kasa. Kemudian ikat dan letakkan pada sisi sofa. Biarkan selama semalam dan bubuk kopi bekerja menyerap bau tersebut.

Baca juga: Beda Bahan Pelapis Sofa, Beda Juga Penanganannya Lho

Setelah dibersihkan, sofa pastinya meninggalkan bau. Kalau sudah begitu kamu bisa gunakan steam cleaner. Selain itu, baking soda bisa menghilangkan bau sofa juga.

Caranya, taburkan sedikit baking soda pada sofa. Apabila terjadi perubahan warna pada sofa, sebaiknya jangan diteruskan. Tetapi, kalau nggak ada perubahan warna, taburkan merata dan biarkan sejenak sebelum kamu bersihkan dengan vacum cleaner. (Wit)

 
Bagikan: 1123 kali