OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Skylight untuk Atap Rumah, Udah Tau?

12 Oktober 2023 · 2 min read Author: Andy David

Foto: Rumah123/iStock

Untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah, tak hanya melalui penggunaan jendela besar. Kamu juga bisa menerapkan skylight pada atap rumah.

Secara harfiah skylight berarti cahaya dari langit. Sesuai dengan namanya, skylight berfungsi mendatangkan cahaya dari langit dengan cara membuat semacam jendela pada atap rumah.

Baca juga: Kiat Atasi Kebocoran Atap Rumah

Meski menggunakan kaca ataupun lapisan film yang tepat, skylight tidak membuat suhu di dalam rumah kamu meningkat. Bahkan di beberapa negara maju, pemerintahnya telah menganjurkan penggunaan skylight.

Nah, bagi kamu yang sedang membangun atau merenovasi rumah, ada baiknya untuk mempertimbangkan penggunaan skylight karena bisa juga meminimalisasi pemakaian lampu. Sebelumnya, perhatikan dulu hal-hal berikut:

Baca juga: Ini Pelapis Atap untuk Cegah Kebocoran Rumah

Skylight tidak dibatasi dengan model atap rumah. Kamu hanya perlu menyesuaikan pemasangan skylight dengan bagian ruangan yang ingin kamu terangi. Jangan lupa untuk mempertimbangkan nilai estetikanya.

Kamu juga perlu memerhatikan pemilihan material skylight. Kamu bisa coba kaca karena lebih kuat dan tahan api. Bila perlu, kamu bisa melapisi kaca tersebut dengan pelapis beremisi rendah yang berfungsi menahan panas.

Baca juga: Merancang Studio Musik Pribadi di Rumah

Apabila kaca dirasa cukup mahal, kamu bisa juga menggunakan plastik sebagai pengganti kaca. Jenis plastik yang bisa digunakan yaitu ABS, akrilik, dan polikarbonat.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan para ahli. Pasalnya, meski berguna, pemasangan skylight juga memiliki risiko. So, berhati-hatilah! (Ing)


Tag: , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA