Rumah yang Didesain oleh Christian Ducker dan Tyeth Gundry (Rumah123/Dezeen)

Kamar mandi menjadi ruangan yang sering diabaikan soal sirkulasi udara dan juga penerangan alami. Mungkin karena ruangan ini hanya dipakai dalam jangka waktu tidak terlalu lama.

Rata-rata kamar mandi yang didesain untuk rumah di Indonesia memang seperti itu. Tidak memiliki pencahayaan alami dan selalu menggunakan cahaya lampu.

Baca juga: Partisi Kaca Pisahkan Dapur dan Kamar Mandi? Ga Usah Panik, Privacy Masih Ada Kok!

Begitu juga dengan sirkulasi udara yang biasanya hanya berupa jendela kecil atau lubang kecil di bagian atas kamar mandi. Padahal kamar mandi adalah wilayah yang punya kelembapan tinggi lantaran selalu terkena air meski kemudian kering.

Pernah membayangkan kalau kamu menempatkan skylight untuk membuat kamar mandi lebih terang? Atau bahkan kamu menempatkan jendela berukuran besar di bagian sepertiga paling atas kamar mandi?

Baca juga: Atasi Minimnya Cahaya Alami di Rumah dengan Skylight, Mau Coba?

Mungkin dua hal ini akan kamu hindari lantaran menganggap kamar mandi adalah ruang privacy. Padahal ketika menempatkan skylight dan jendela juga masih bisa disiasati.

Desain pemasangan skylight dan jendela besar di kamar mandi bisa dilihat dalam desain rumah di kawasan Florence, London, Inggris. Townhouse dengan tiga lantai ini memang didesain ulang oleh dua arsitek asal Inggris, Christian Ducker dan Tyeth Gundry.

Baca juga: Keberadaan Skylight Bisa Bikin Ruangan Jadi Terang dan Lebih Lega Lho!

Ducker dan Gundry tidak hanya menempatkan skylight pada bagian atas kamar mandi dan juga memasang jendela pada bagian atas dinding, tetapi juga menempatkan banyak cermin.

Hal ini membuat kamar mandi pun berlimpah cahaya matahari lantaran cahaya masuk lewat jendela dan juga skylight plus dipantulkan oleh cermin yang berjumlah banyak.

Baca juga: Bikin Dong, Kamar Mandi Lebih Terang dengan Membuat Skylight

Untuk pemasangan skylight dan jendela, kamu bisa memastikan kalau dua akses masuknya cahaya alami matahari ini tidak bisa dijangkau oleh orang, sehingga privacy kamu selama menggunakan kamar mandi tidak terganggu.

Kamu berani mencoba untuk mengaplikasikan semuanya di kamar mandi kamu? Kalau belum, coba saja pasang cermin dalam jumlah cukup banyak.

Baca juga: Rumah di Portugal Ini Terang Berkat Skylight, Coba Aplikasikan di Rumah Kamu

Siapa tahu kamar mandi kamu yang sebelumnya gelap menjadi lebih terang dari sebelumnya. Selamat mencoba.

Rumah yang Didesain oleh Christian Ducker dan Tyeth Gundry (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1415 kali