Skinny house, mungkin hanya sedikit dari kamu yan pernah mendengar istilah ini. Jika diterjemahkan, skinny house punya arti harfiah rumah kurus, alias menjulang ke atas, bukan melebar ke samping. Konsep rumah ini banyak diaplikasikan di kota-kota besar, yang kapasitas lahannya semakin sedikit.

Rumah yang dibangun di lahan sempit nggak melulu harus berukuran kecil, sesak, dan minim fungsi kan? Untuk itulah, banyak arsitek-arsitek luar negeri yang mulai mengimplementasikan konsep skinny house. Mereka memanfaatkan ruang pada bagian atas untuk memaksimalkan fungsi rumah. Dikutip dari Arch Daily, berikut bentuk skinny house tersebut!

Baca juga: Mengenal Compact House, Rumah Minimalis Kekinian untuk Masyarakat Urban

Grown House - Korea Selatan

skinny house - rumah123.com

skinny house - rumah123.com

Rumah yang terletak di Seoul, Korea Selatan ini berdiri di atas lahan 98 m2 saja loh. Terdiri dari 4 lantai, terdapat ruang keluarga, 2 kamar tidur, dapur, ruang cuci dan jemur baju, serta rooftop pada lantai paling atas. Setiap ruangan terdapat di lantai yang berbeda-beda. Unik sekali ya?

A House In Trees - VietnamA House in Trees - Vietnam

          skinny house - rumah123.com

Terletak di Từ Sơn, Vietnam, rumah ini memiliki luas tanah sebesar 75 m2. Walaupun berukuran cukup kecil, sang arsitek mengakalinya dengan membangun 6 lantai di rumah ini. Alhasil, fungsinya pun menjadi sangat maksimal. Terdapat 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga, ruang bermain, ruang berdoa, ruang laundry, dan taman di setiap lantainya.

White Cliff House - Indonesia

skinny house - rumah123.com

Ya, kamu gak salah baca kok. Rumah unik satu ini memang terletak di Indonesia! Tepatnya, di Bandung, Jawa Barat. Berdiri di atas lahan sebesar 202 m2. Pemiliknya tidak menetap di sana, melainkan hanya menjadikan rumah ini villa, lalu menyewakannya. Kadang ia pun menginap di sana untuk liburan. Totalnya terdapat 5 lantai dalam rumah ini.

Baca juga: 8 Gambar Compact House, Model Rumah Terbaru yang Mulai Populer di Indonesia

Rethinking the Split House - Tiongkok

skinny house - rumah123.com

Penuh dengan kaca dan didominasi warna hitam, rumah ini terlihat sangat maskulin. Interiornya dipenuhi oleh elemen kayu dan semen. Rumah ini terletak di Shanghai, Tiongkok dan dibangun di atas lahan seluas 193 m2, dan terdiri dari 3 lantai.

Cocoon House - Vietnam

skinny house - rumah123.com

Di Vietnam, mulai banyak arsitek yang menerapkan konsep skinni house. Terdapat 3 lantai ditambah dengan 1 lantai mezzanine di dalam rumah ini. Sang arsitek mau menyatukan suasana modern dengan suasana alam, sehingga terdapat banyak tanaman hijau di rumah ini.

Bagaimana? Tertarik untuk menerapkan konsep skinny house di rumah impianmu nanti? Pastikan untuk menyiapkan bujetnya terlebih dahulu ya. Jangan lupa juga untuk membaca artikel Rumah123.com supaya kamu selalu mendapatkan informasi terbaru seputar rumah!

Bagikan: 1315 kali