Kemacetan di Jalan Tol Batang-Semarang, Jawa Tengah Pada Mudik Lebaran 2018. Pemerintah Berencana Kembali Menerapkan Sistem One Way Atau Satu Arah Untuk Jalan Tol Saat Mudik Lebaran 2019. Sistem Ini Dianggap Efektif Dalam Mengurangi Kemacetan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Puasa Ramadan 1440 Hijriah baru berlangsung beberapa hari, namun tidak lama lagi ritual mudik Lebaran 2019 akan terjadi. Pemerintah sempat melontarkan ide penerapan ganjil genap di jalan tol. Gagasan sistem one way juga muncul. Jadi sistem mana yang akan dipakai?

Kompas.com sempat melansir bahwa Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan akan menerapkan ganjil genap di jalan tol saat mudik Lebaran 2019. Sistem ganjil genap sudah diterapkan di sejumlah jalan utama di Jakarta.

Sistem ganjil genap bisa mengurangi jumlah kendaraan yang memadati jalan utama. Meski belakangan, kendaraan malah membuat jalan-jalan kecil menjadi macet.

Baca juga: Bakauheni-Terbanggi Besar Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sudah Tahu Belum

Tirto.id mengutip bahwa pemerintah menyatakan tidak akan memakai sistem ganjil genap saat mudik Lebaran. Skema ini dinilai tidak efektif dalam mengurangi volume kendaraan.

Pemerintah akan menerapkan kebijakan one way atau satu arah yang akan dilakukan pada 31 Mei hingga 2 Juni atau beberapa hari sebelum Idul Fitri yang kemungkinan jatuh pada 4-5 Juni 2019.

“Berdasarkan Rapat Pimpinan (Rapim) di Kementerian Perhubungan, wacana ganjil genap di-hold dulu,” ujar Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Joko Santoso seperti dilansir oleh Tirto.id.

Baca juga: Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 Beroperasi Pada Mei 2019, Mudik Bisa Lewat Sini

“Karena ada banyak sekali kendala, terutama dalam hal pelaksanaan kan ganjil genap masih harus lebih intens mengawasi. Sementara petugas kepolisian terbatas, sehingga difokuskan mengatur lalu lintas di di jalan tol,” lanjut Joko.

BPJT bakal memakai sistem one way atau satu jalur untuk mudik Lebaran 2019. Dia menyatakan skema ini dianggap efektif pada 2018. Sistem ini dianggap bisa mengantisipasi kepadatan kendaraan dari Jakarta ke Semarang saat mudik.

Dalam teknis pelaksanaanya, sistem one way ini digunakan bagi pengguna jalan tol dari Jakarta ke arah Semarang mulai dari km 29 hingga km 262 yang berada di daerah Brebes Barat.

Baca juga: Tol Lampung Sampai Palembang Sudah Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran 2019

Nah, buat kamu berencana mudik dengan melintasi jalur Pantura (Pantai Utara) Jawa alias lewat jalan tol, kamu mesti bersiap ya. Pemerintah akan kembali menerapkan sistem one way jelang Lebaran.

Jangan lupa untuk mengisi e-toll dalam jumlah banyak. Detik.com pernah melansir kalau kamu berkendara dari Jakarta ke Pasuruan menggunakan mobil pribadi dan melewati jalan tol, kamu harus merogoh Rp790.000. Selama bulan Ramadan ini, Rumah123.com menyajikan sejumlah artikel menarik mengenai puasa, mudik, dan lainnya.

Bagikan: 1910 kali