Ilustrasi Kemacetan (Foto: Rumah123/REA Group Australia)

Kepolisian Daerah Metro Jaya mengusulkan penerapan pembatasan kendaraan sistem ganjil genap di Jakarta berlaku selama 15 jam dalam sehari pada 2019. Sebagai antisipasi, kamu bisa mengalihkan pembelian mobil ke kepemilikan hunian.

Kebijakan ganjil genap diberlakukan selama 15 jam dalam sehari sama seperti halnya ketika penyelenggaraan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Penerapan sistem ini juga meluas ke beberapa ruas jalan.

Usulan ini muncul karena masih saja ada kemacetan di beberapa ruas jalan. Ada pergeseran waktu kemacetan.

Baca juga: Ganjil-Genap Lanjut, Mobilitas di Jakarta Bakal Oke Nih!

“Kalau dibagi per segmen, macetnya bergeser di luar waktu tersebut dan mereka menunggu (menunggu waktu ganjil-genap usai untuk kemudian melintas),” kata Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto seperti dikutip oleh Kompas.com.

Mungkin kamu menyadari juga kan? Beberapa ruas jalan terutama jalan protokol terbilang lumayan lancar ketika pemberlakukan sistem ganjil genap.

Namun, saat melintas ke jalan yang tidak menerapkannya, jalan malah macet. Selain itu, setelah lewat waktu pemberlakuan, jalan berpotensi macet.

Baca juga: Jalan Mana Aja Sih yang Gak Kena Ganjil-Genap?

Buat kamu, ngapain juga beli mobil. Kamu hanya bisa memakainya pada hari tertentu sesuai plat kendaraan. Mau beli dua mobil dengan plat ganjil dan genap, awas pajak progresif.

Mendingan juga kamu beli hunian yang terkoneksi dengan transportasi publik. Mau yang berkonsep TOD (Transit Oriented Development), banyak lho Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sedang membangun hunian TOD yang terintegrasi dengan stasiun commuter line.

Pilihan lainnya, kamu bisa mencari hunian baik apartemen atau rumah tapak yang dekat dengan akses commuter line, LRT (Light Rapid Transit), MRT (Mass Rapid Transit), hingga Transjakarta. Yuk, beli rumah dari sekarang.

Baca juga: Apa Aja Sih Dampak Positif Aturan Ganjil-Genap?

Bagikan: 1629 kali