Sirkuit Balap yang Didesain oleh Baca Architects (Rumah123/Dezeen)

Kamu pernah menonton balapan Formula 1 atau F1 di Singapura atau Malaysia? Kalau kamu menyaksikannya di Singapura, sirkuit ini merupakan jalan raya yang disulap menjadi arena balap.

Hal yang sama juga terjadi pada sirkuit Monaco yang berada di Eropa. Nah, bicara soal sirkuit balap, ada sejumlah arena balap yang berada di tepi pantai.

Baca juga: Aplikasi Material Kayu pada Dinding Ternyata Bisa Berikan Kesan Hangat, Coba Aja!

Tetapi, pernah membayangkan kalau sirkuit balap benar-benar berada di atas air? Sirkuit terapung? Wah, di masa depan mungkin saja bisa terjadi.

Biro arsitek asal Inggris, Baca Architects telah mendesain serangkaian bangunan terapung mulai dari rumah, perumahan, hingga sirkuit grand prix.

Baca juga: Memadukan Bata Ekspos dan Beton Ekspos, Wah Keren Banget!

Baca Architects mendesain sebuah sirkuit balap modular. Konsep inovatif ini membuat arena balap bisa dibentuk sesuai keinginan dan juga dapat dipindahkan ke mana.

Sirkuit ini juga mencakup arena balap, pit stop atau tempat mobil diperbaiki selama lomba, tribun penonton, dan resort eco-friendly bagi para tamu.

Baca juga: Bangunan Casa Vicens Beneran Instagramable Lho!

Yang tidak ketinggalan dari rancangan biro arsitek ini adalah adanya tenaga pembangkit listrik terapung yang memanfaatkan sinar matahari dan angin.

Wow, keren juga ya kalau ide Baca Architects ini bisa diwujudkan. Balapan Formula 1 bakal lebih menarik lagi karena digelar di sirkuit terapung.

Baca juga: Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW

Namun, sepertinya biro arsitek lupa memasukkan unsur keselamatan pebalap. Hal biasa kalau mobil F1 menabrak pagar pembatas. Nah, kalau sirkuit ini terapung dan walaupun memiliki pagar pembatas, bagaimana kalau mobilnya nyemplung ke air? Bagaimana para marshal lomba untuk menyelamatkan si pebalap?

Bagikan: 1977 kali