sipetruk

SiPetruk merupakan salah satu bagian penting dalam pengembangan perumahan jangka panjang untuk masyarakat saat ini untuk mewujudkan rumah tapak berskala besar.

Adapun, penerapan aplikasi SiPetruk nantinya tidak akan menghambat proses kerja pengembang perumahan yang saat ini sudah berlaku.

Menurut Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arief Sabaruddin mengatakan, aplikasi SiPetruk tidak akan menghambat kerja pengembang perumahan.

“Prosesnya tidak akan menghambat progres kerja pengembang perumahan di lapangan” ungkap Arief berdasarkan keterangan (18/03/2021).

Penerapan SiPetruk ini sangat penting terutama untuk menjaga kualitas bangunan yang telah dipersiapkan oleh pengembang perumahan.

Sebab, bangunan tersebut merupakan subsidi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. 

Karenanya, harus ditegaskan bahkan bangunan tak hanya sekadar kuantitas melainkan juga kualitas rumah harus ditekankan.

“Penyaluran rumah subsidi tidak hanya bertumpu pada masalah kuantitas tetapi harus juga memastikan bahwa rumah yang dibeli harus berkualitas, dimanfaatkan dan dihuni dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, menurut SiPetruk bangunan rumah subsidi juga harus memenuhi ketentuan teknis bangunan, yakni persyaratan kelaikan hunian yang meliputi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan.

Bahkan, rumah juga harus memenuhi persyaratan tata bangunan dan lingkungan, yang merupakan syarat dalam mewujudkan rumah sehat dan berkelanjutan.

“Dalam pembangunan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah di lapangan masih banyak kita jumpai hunian dengan kualitas rendah. Kita harus melindungi MBR dengan memberikan kualitas rumah yang baik, karena ada dana subsidi di dalamnya,” tuturnya.

Untuk menghasilkan kualitas bangunan, pemerintah juga menyiapkan berbagai relaksasi pemerintah dalam pengembangan perumahan selama tidak ditujukan untuk mengurangi kualitas hunian.

“Kami terus berupaya untuk meyakinkan pengembangan untuk dapat membangun rumah yang berkualitas dan sesuai standar,” tutur dia.

Sistem Informasi Pemantauan Konstruksi, SiPetruk merupakan aplikasi teknologi informasi yang dikembangkan oleh PPDPP guna memastikan kualitas bangunan yang dibangun pengembang efisien dan sudah dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Cara kerja sistem ini dengan cara memeriksa kelayakan hunian dan bangunan yang sudah dibangun oleh pengembang.

Secara teknis, nantinya Manajemen Konstruksi (MK) akan berkunjung ke lapangan sesuai dengan pengajuan pemeriksaan dari para pengembang perumahan yang berpedoman dengan siteplan digital yang diajukan melalui SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang).

Berdasarkan pemeriksaan tersebut, MK nantinya akan memberikan laporan penilaian yang terhubung langsung dengan PPDPP.

Apabila rumah tersebut dinyatakan layak huni, maka secara otomatis akan muncul pada SiKasep sehingga bisa dijual ke masyarakat.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai SiPetruk yang menunjang kebutuhan perumahan rakyat dengan harga terjangkau.

Temukan inspirasi menarik lainnya, selengkapnya di Rumah123

"Yuk, cari tahu keunggulan hunian idaman, bersama Landmark Residence di sini selengkapnya."

Bagikan:
1680 kali