Debu memang seringkali hinggap di tempat yang tidak tepat. Salah satunya adalah pada layar televisi di rumahmu.

Kehadiran debu pada layar televisi cukup menganggu pandanganmu ketika sedang menonton. Itulah sebabnya, televisimu juga membutuhkan perawatan agar bisa menyajikan gambar terbaik.

Karena debu bisa datang kapan saja, maka sebaiknya kamu membersihkannya secara rutin. Bila kamu menggunakan pembersih khusus untuk membersihkan layar, bacalah instruksi produk secara seksama.

Baca juga: Bersiap Ganyang Debu di Musim Kemarau

Kini, layar televisi memiliki berbagai jenis yang beragam. Membaca instruksi dengan baik dapat menghindari dari kesalahan saat membersihkan. Jangan sampai membuat layarmu malah rusak karena membersihkannya secara kurang tepat.

Untuk menjaga keamanan diri, ada baiknya kamu mematikan televisi sebelum membersihkannya. Cabut pula sambungan kabel dari stop kontak.

Sedangkan untuk media membersihkannya, gunakanlah kain lembut atau kain yang biasa digunakan untuk mengelap kaca mata. Jenis kain tersebut tidak akan meninggalkan goresan pada layar televisi.

Jangan gunakan air bila tidak dicantumkan dalam buku panduan ataupun penjelasan produk pembersih. Berhati-hatilah ketika membersihkan televisi berlayar LED dan LCD. Biasanya, pada layar jenis ini tidak dianjurkan penggunaan produk sabun dan pembersih kaca.

Baca juga: Cara Mudah Mengilapkan Dinding Kamar Mandi

Lap layar dengan lembut. Usap layar dengan lap kering secara pelan, lembut, dan satu arah. Bila masih kurang bersih, semprotkan produk screen cleaner pada layar. Usap kembali layar dengan hati-hati. Televisi layar datar misalnya LED, LCD, dan plasma lebih rentan tergores. Tunggulah hingga benar-benar kering, baru nyalakan lagi televisi. (Ing)

Bagikan: 957 kali