ilustrasi bank dan rumah

Untuk memudahkan para pegawai negeri sipil (PNS) dan pensiunan memperoleh kredit pemilikan rumah (KPR), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., (BTN) bersinergi dengan PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau PT Taspen.

Kerjasama ini memungkinkan para PNS untuk mendapatkan tenor lebih panjang dalam permohonan fasilitas KPR, khususnya bagi mereka yang mendekati masa pensiun. Selama ini maksimum pemberian KPR diberikan dengan batas usia PNS adalah 60 tahun.

Baca juga: Kredit BTN Pesat, Bukti Pasar Properti Masih Kuat

’’Dengan sinergi ini BTN dapat memberikan KPR untuk usia sampai dengan 65 tahun,’’ kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono, dalam siaran pers yang diterima Rumah123, Senin (2/5).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Maryono dan Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro di Jakarta, hari ini.

Maryono menjelaskan, ruang lingkup MoU meliputi pemeliharaan data debitur yang akan dilakukan oleh Taspen untuk memastikan bahwa debitur yang memperoleh kredit Bank BTN, pembayaran pensiunnya dilakukan melalui kantor layanan Bank BTN sampai dengan kredit lunas.

Baca juga: BTN Percepat Pembangunan Perumahan

’’Ini adalah terobosan yang kami lakukan bersama Taspen. Para pensiunan umumnya kesulitan mendapatkan akses perbankan. Dengan kerjasama ini maka para PNS paling tidak dapat menghitung kebutuhannya akan rumah yang dapat difasilitasi Bank BTN walaupun PNS tersebut masuk masa pensiun,’’ ujarnya.

Bagikan: 1642 kali