Ingin memperbanyak tumbuhan tapi tidak tahu caranya dan khawatir tanaman mati? Nah, berikut beberapa cara stek tanaman yang bisa kamu ikuti.

Selama pandemi Covid-19 ini banyak sekali masyarakat yang memiliki hobi baru, yaitu bercocok tanam, baik tanaman yang sedang hits atau pun tanaman hias lainnya.

Bagi kamu yang telah lama memiliki hobi berkebun, tentu sudah mengenal dengan istilah stek. Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara stek tanaman buah atau bunga.

Setek atau stek adalah metode memperbanyak tanaman dengan menggunakan potongan tubuh tanaman (akar, daun, batang).

Selain mengetahui bagaimana cara stek tanaman, kamu pun perlu mengetahi ciri-ciri tanaman yang bisa distek batang, lalu berapa lama stek batang tumbuh akar dan lainnya.

Bagaimana langkah-langkah stek daun, cara jitu stek agar berakar, atau cara stek batang pada tumbuhan kecil adalah berbagai hal tentang stek yang perlu kamu ketahui.

Dilansir dari berbagai sumber, cara stek tanaman yang mudah bagi pemula dan baru memiliki minat akan tanaman bisa kamu pelajari dengan mudah.

Kamu dapat melakukan cara stek tanaman pada tiga bagian, yaitu bagian batang, daun, dan akar. Lalu tinggal bagaimana kamu melakukannya.

Nah, Rumah123.com akan beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam stek tanaman supaya tumbuh subur.

Macam-Macam Cara Stek Tanaman

1. Stek Melalui Batang

Cara stek tanaman melalui batang adalah metode pengembangbiakan tanaman yang paling populer dan sering dilakukan banyak orang.

Teknik yang paling baik untuk tanaman indoor untuk semak berkayu dan tanaman hias yang kamu miliki.

Tanaman hias cukup mudah untuk dikembangbiakkan, kamu hanya perlu mencari batang yang sehat tanpa kucup bunga, penyakit, dan serangga.

Gunakan pisau tajam dan steril, lalu buatlah potongan bersih pada sudut 45 derajat untuk memaksimalkan area perakaran.

Stek harus sepanjang 3-6 inci (lebih pendek jika tanaman kecil) dan menyertakan ujung batang, dan setidaknya dua atau tiga set daun terpasang.

Setelah itu, buang bagian bawah daun (karena akar baru akan berkembang dari area ini) dan kamu bisa mencelupkan ujung yang baru saja dipotong menggunakan gel rooting.

Hal ini akan membantu menutup jaringan tanaman yang dipotong dan mendorong pertumbuhan akar baru.

Lalu letakkan potongan ke dalam pot kecil dengan tanah lembab. Pastikan untuk membuat lubang kecil pada media tanam sebelum memotongnya.

Dengan cara ini, larutan rooting tidak akan terlepas dari batangnya. Setelah ini, kamu harus menjaga tanaman baru untuk tetap hangat dalam cahaya terang. Tetapi, jauhkan dari sinar matahari langsung.

2.Stek Dengan Akar

Cara stek tanamam dengan akar paling baik diambil saat tanaman tidak aktif dan akarnya penuh dengan karbohidrat.

Ambil stek sepanjang 1-4 inci dari akar yang lebih muda dengan ketebalan ¼ atau ½ inci. Potong lurus melalui ujung akar yang paling dekat dengan batang dan potong ujungnya miring.

Dengan begitu, kamu dapat mengingat ujung mana yang paling atas (potongan lurus) dan mana yang paling bawah (potongan miring).

Ingat, akar tidak akan tumbuh jika kamu menanamnya secara terbalik. Nah, nantinya stek akar akan akan mengeluarkan tunas baru.

3. Stek dengan Daun

Cara stek tanaman dengan daun dapat dilakukan pada jenis tanaman kayu, termasuk tanaman hias dalam ruangan.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan daun dan batangnya (tangkai daun) atau hanya sepotong daun yang digunakan untuk membuat tanaman baru.

a. Pilih daun yang sehat dan tumbuh sempurna sekitar 1 – 1 ½ inci batangnya.

b. Setelah dipotong, bagian bawah daun perlu direndam terlebih dahulu dalam larutan auksin dengan rasio 100-200 cc per liter air.

c. Kamu memindahkan ke pot dengan lubang yang dasarnya sudah berisi campuran tanah serta pupuk kandang. Pastikan untuk hanya tiga perempat wadah dan gunakan satu tempat hanya untuk daun.

d. Simpan pot di tempat teduh dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Jangan lupa untuk menyiramnya secara teratur ya.

Nah, ternyata cara stek tanaman memang mudah ya. Kamu bisa mencobanya di rumah. Saatnya, punya hobi bercocok tanam ya.

Rumah123.com sempat membahas mengenai cara mencangkok tanaman, jalan lain untuk memperbanyak tanaman.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Grand Wisata.

Bagikan:
335 kali