Jalan Tol Trans Sumatera- Rumah123.com Bagi Kamu yang Mudik Lebaran Melalui Jalan Tol Trans Sumatera, Jangan Lupa Untuk Mengetahui Tarif Tol. Selain Itu, Biasakan Untuk Mengisi Kartu E-Toll Dalam Jumlah Banyak Supaya Memudahkan Saat Bertransaksi (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kamu yang akan mudik lebaran melalui jalan tol Trans Sumatera. Jangan lupa untuk mengetahui tarif tolnya.

Para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bakal menggunakan jalan Tol Trans Jawa atau jalan Tol Trans Sumatera. Tol Trans Jawa sudah terhubung antara Merak hingga Probolinggo, lain halnya dengan Trans Sumatera.

Sebagian Trans Sumatera memang belum selesai seperti halnya Trans Jawa, namun sejumlah ruas jalan telah selesai dibangun dan mulai beroperasi secara operasional.

Baca juga: Pemudik Boleh Buka Puasa di Bahu Jalan Tol, Tapi Ada Syaratnya Lho

Salah satunya adalah Bakauheni-Terbanggi Besar yang berada di provinsi Lampung. Ruas ini merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia sepanjang 140,9 kilometer. Ruas ini mengalahkan ruas jalan tol Cipali alias Cikopo-Palimanan sepanjang 116,75 kilometer.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini pada awal Maret 2019. Pemerintah juga sudah menetapkan tarifnya.

Situs Tirto.id sempat melansir tarif tol sejumlah ruas di Trans Sumatera. Bagi kamu yang akan mudik lebaran melewati ini, berikut tarifnya.

Baca juga: 3 Tips Anti Capek Mengemudi Saat Mudik Lebaran

Tarif Jalan Tol Sumatera:

Bakauheni-Terbanggi Besar= Rp112.500

Palembang-Indralaya= Rp20.000

Medan (Veteran)-Binjai= Rp13.000

Tanjung Morawa-Tebing Tinggi= Rp53.500

Belawan-Tanjung Morawa= Rp8.000

Belawan-Tebing Tinggi= Rp61.000

Kualanamu-Tebing Tinggi= Rp50.000

Sebagian tol di Trans Sumatera sebenarnya sudah dapat digunakan secara fungsional, sementara yang lainnya sudah bisa dipakai secara operasional. Maksud dari fungsional adalah jalan tol tersebut telah bisa berfungsi, namun belum memiliki fasilitas pendukung seperti rest area atau tempat istirahat dan pelayanan, serta belum berbayar.

Sedangkan operasional artinya tol tersebut telah berfungsi maksimal. Ada fasilitas pendukung seperti rest area baik tipe A maupun B, serta telah memiliki tarif.

Sekedar info, sebelum mudik melewati Trans Sumatera, sebaiknya kamu mengisi bahan bakar dalam jumlah penuh lantaran belum banyak SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) di sepanjang tol.

Baca juga: Tips Mudik Lebaran: Atur Barang Bawaan di Bagasi Mobil

Bagikan: 1446 kali