Kampus Universitas yang Didesain oleh WSP Architects (Rumah123/Dezeen)

Bangunan ini memang seperti susunan balok yang tidak beraturan. Susunanya terkesan seperti asal taruh saja.

Namun, hal ini yang menjadi keunikan arsitektur dari Hangzhou Normal University di Hangzhou, China. Biro arsitek asal China, WSP Architects mendesain bangunan sekaligus kawasan.

Baca juga: Kampus UTEC Jadi Bangunan Terbaik Dunia Versi RIBA, Yuk, Tengok Seperti Apa Sih?

Kampus ini terdiri dari area belajar, ruang kuliah, ruang dosen, pusat pendidikan, perpustakaan, pusat kegiatan mahasiswa dan mahasiswi, ruang konferensi, plaza, dan juga hotel.

WSP Architects mendesain bangunan terbagi dalam beberapa blok yang disesuaikan dengan fungsi. Bangunan saling terhubung dan juga terbuka.

Baca juga: Waduh, Gedung Kampus Ini Kok Banyak Lubangnya? Kenapa Ya?

Semua bangunan terpusat pada plaza yang berada di bagian tengah. Plaza dan lapangan ini dapat digunakan untuk beragam aktivitas. Mahasiswa dan mahasisiw bisa bersosialisasi.

“Desain arsitektur terinspirasi berdasarkan dari sistem modul, yang biasa digunakan untuk mengendalikan pesawat, ketinggian, dan detil dari pembangunan yang kompleks yang fungsional dan rumit,” ujar WSP Architects seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Desain Kampusnya Keren, Siapa Mau Kuliah Lagi?

“Hal ini juga membantu untuk memastikan biaya ekonomis yang sesuai dengan budget, untuk mencapai penyelesaian pembangunan yang memenuhi standar tinggi, dan mengurangi biaya operasional dan perawatan,” lanjut WSP Architects.

WSP Architects memang ingin pengelolaan gedung tidak menghabiskan biaya yang besar. Gedung ini juga dirancang ramah lingkungan.

Baca juga: Barak Tentara Diubah Jadi Kampus? Ide Luar Biasa Nih!

Setiap bangunan dalam kompleks kampus ini memiliki pintu masuk sendiri. Sirkulasi udara dan pengunjung sudah diatur dengan baik.

Wah, semakin banyak bangunan sekolah atau kampus yang didesain dengan baik ya. Kira-kira sekolah atau kampus kamu dahulu seperti nggak?

Baca juga: Kampus yang Nyaman Meski Berada di Kawasan Beriklim Kering, Yuk Kuliah Lagi?

Kampus Hangzhou Normal University Berada di Hangzhou, China (Rumah123/Dezeen)
Kompleks Bangunan Kampus ini Juga Mencakup Hotel (Rumah123/Dezeen)
Kampus Ini Seperti Susunan Balok yang Tidak Beraturan (Rumah123/Dezeen)
Unik Kan Desain Arsitektur yang Dirancang oleh WSP Architects (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 577 kali