Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Menyelenggarakan Sayembara Desain Penataan Monumen Nasional (Foto: Rumah123/Jktgo.com)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata mengadakan kompetisi desain penataan Monumen Nasional alias Monas. Sayembara terdiri dari dua kategori yaitu tapak kawasan Medan Merdeka dan interior Tugu Nasional.

Proses sayembara dimulai dengan pendaftaran dan pengumpulan berkas administrasi dimulai pada 11-16 Desember 2018. Mereka yang lolos administrasi bakal diumumkan pada 17 Desember 2018.

Tahapan selanjutnya, Dinas Pariwisata DKI Jakarta bakal memberikan penjelasan dan survei. Para peserta sayembara diharuskan mengirimkan desain pada 21 Januari 2019.

Baca juga: Monas Kinclong Berkat “Senjata” Maut Ini

Proses berikutnya, Dinas Pariwisata bakal mengevaluasi desain pada 22-24 Januari 2019. Usai melewati proses evaluasi dan presentasi, pemenang sayembara bakal diumumkan pada 30 Januari 2019.

Persyaratan peserta sayembara adalah berstatus warga negara Indonesia atau WNI. Satu kelompok peserta maksimal terdiri dari tujuh orang.

Salah satu orang peserta wajib memiliki kompetensi atau keahlian dalam bidang arsitektur, arsitektur lanskap, atau arkeologi. Mereka juga diharuskan mempunyai sertifikat ketrampilan madya atau utama yang masih berlaku.

Baca juga: Monas, Simbol Perjuangan dan Kemerdekaan Bangsa Indonesia

“Juara satu hadiahnya Rp150 juta, juara dua Rp75 juta, dan juara tiga Rp40 juta. Desain yang akan dipilih yang juara satu,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro seperti dilansir oleh Kompas.com.

Sayembara desain ini dipilih ketimbang menggunakan lelang jasa konsultan. Masyarakat diharapkan bisa terlibat langsung. Selain itu, juga untuk mengakomodasi para insan kreatif muda Indonesia.

Nah, buat kamu generasi milenial yang merasa memiliki kualifikasi yang bagus, coba deh ikutan. Saatnya berbuat sesuatu untuk bangsa dan negara ini.

Baca juga: Lotte World Jadi Gedung Tertinggi Kelima di Dunia, Tingginya 4 Kali Monas!

Bagikan: 590 kali