Studio Arsitektur asal Denmark, EFFEKT Mengubah Pabrik dan Gudang Menjadi Ruang Publik Termasuk Lapangan Bola Basket (Foto: Rumah123/Dezeen)

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memiliki ruang publik untuk anak. Salah satunya adalah mengalihfungsikan bangunan lama yang tidak terpakai seperti pabrik.

Studio arsitektur asal Denmark, EFFEKT mengubah sebuah pabrik lama menjadi ruang publik bagi anak yang dapat digunakan untuk apa saja. Salah satunya bermain bola basket.

Pabrik ini berada di kota Viborg, Denmark. Kota ini merupakan salah satu kota tertua di Denmark yang berdiri sejak abad ke-8 alias tahun 700-an.

Baca juga: Lapangan Basket Warna Warni? Nah, Begini Desain Ruang Publik yang Keren

Viborg memiliki penduduk mencapai 1,7 juta jiwa. Kota ini berjarak sekitar 326 km dari ibu kota Denmark, Copenhagen.

Pabrik ini berdiri di atas lahan 3.170 m2. Sementara luas pabrik mencapai 2.000 m2. Pabrik beroperasi pada 1960-an dan 1970-an dengan memproduksi kincir angin.

Sekarang, pabrik ini tidak lagi beroperasi. EFFEKT memasukkan sejumlah fasilitas. Biro arsitek juga memasang dinding transparan pada bagian fasad.

Baca juga:  Banyak Ga Sih Lapangan Basket Kekinian Kayak Gini di Indonesia?

“Kami mengubah bangunan yang paling umum, gudang dan pabrik, kemudian mengubahnya menjadi pusat kebudayaan yang keren untuk olahraga jalanan dan budayanya dengan membidik anak muda, mereka tidak terikat organisasi olahraga mana pun,” ujar Chief Operating Officer EFFEKT, Mikkel Bogh kepada situs desain dan arsitektur Dezeen.

Fasilitas ini direncanakan dibuka untuk umum selama 24 jam. Fasilitas ini tidak dijaga dan mengharapkan partisipasi pengguna.

Wah, ternyata mudah ya untuk memiliki fasilitas publik. Kalau ada bangunan tidak terpakai, mendingan dialihfungsikan saja ya.

Baca juga: Asyik Banget Main Basket Kalau Lapangannya Keren Kayak Gini

Bagikan: 423 kali