Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Kamu bisa membeli rumah dengan harga hanya USD 1 (Rp14 ribu). Kamu hanya perlu pindah ke Gary, Indiana, Amerika Serikat.

Pemerintah kota Gary membuat program inisiatif bernama Dollar House Program. Kota ini hanya berjarak 40 kilometer dari Chicago yang merupakan kota metropolitan terbesar ketiga di AS.

Ketimbang merilis program pembayaran KPR (kredit pemilikan rumah) biasa, program ini menawarkan pembelian rumah dengan harga hanya USD 1 (Rp14 ribu).

Baca juga: Dijual Rumah Supermurah Cuma Rp16 Ribu, Berminat?

Program ini diharapkan bisa membuat kepemilikan rumah bisa diakses oleh lebih banyak orang. Seperti biasa, orang yang ingin mengikutinya harus sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Sayangnya lagi, program ini telah ditutup.

Beberapa persyaratan bagi pemohon program ini adalah memiliki penghasilan per tahun minimal USD 35.000 (Rp496 juta), berkomitmen untuk tinggal di rumah tersebut selama limat tahun.

Pemilik rumah harus merenovasi rumah dalam tahun pertama menempati. Pemohon harus melewati proses seleksi melalui sistem undian.

Baca juga: Di Kota Ini, Kamu Bisa Beli Rumah Seharga Rp17.400 Doang

Renovasi rumah juga harus mengikuti ketentuan yang berlaku. Rumah harus kembali ke kondisi standar dan bisa meningkat lagi harganya. Hmm, mirip program Fixer Upper di televisi HGTV ya.

“Hal ini bisa membuat seseorang untuk mendapatkan properti dengan harga satu dollar. Orang bisa memiliki aset berupa rumah dengan melakukan renovasi hingga rumah memiliki standar yang baik. Mereka tinggal di rumah ini selama lima tahun, sebelum mereka menyewakan atau menjualnya,” ujar Koordinator Community Development Division Gary, Lakia Manley seperti dikutip oleh House Beautiful.

Hmm, menarik juga ya kalau punya rumah semurah ini. Tapi, kamu harus pintar menghitung berapa biaya renovasi ya.

Baca juga: Punya Nyali Buat Pindah ke Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia?

Bagikan: 1289 kali