Desainer Produk Bram Vanderbeke Merancang Furnitur dari Material Beton Bekas (Foto: Rumah123/Dezeen)

Desainer produk Bram Vanderbeke membuat sejumlah furnitur berdesain abstrak. Dia memanfaatkan sejumlah beton bekas untuk membuat meja dan kursi panjang.

Vanderbeke menamakan koleksi perabotannya ini New Primitives. Kebetulan, karya ini memang mirip benda-benda dengan struktur neolitik.

Dia menggunakan pigmen dan lilin dalam melapisi beton. Vanderbeke ingin ada hasil berbeda pada teksktur beton.

Baca juga: Persiapan Tinggal di Planet Mars? Beli Dulu Furniturnya

Perancang produk asal Belgia ini terinspirasi dari era Anthropocene, saat manusia mulai mengolah batu-batuan dari dalam bumi. Dia yakin kalau material bekas ini akan lebih berharga.

“Di masa depan, saya percaya kalau kita bisa memanfaatkan material buatan seperti halnya mengambil material alam,” ujar Vanderbeke kepada situs Dezeen.

“Saya ingin memahat beton bekas dan memperlakukannya seperti pemahat dalam mengolah batu berharga seperti marmer,” lanjutnya.

Baca juga:  Siapa Mau Beli Furnitur dari Aluminium? Ayo, Tunjuk Tangan

Vanderbeke mendesain tempat duduk panjang dan meja. Ada meja kecil dengan kaki yang pendek. Semua furnitur seperti terbuat dari batu, seolah perabotan ini berasal dari jaman prasejarah.

Dia menggunakan alat untuk membentuk beton bekas ini. Setelah itu, dia memolesnya dengan cairan pelumat untuk batu dan memberikan pigmen dan pernis.

Hasilnya beton seperti material alami yang baru. Teksturnya juga berbeda. Hmm, kalau diproduksi secara massal dan dijual, kira-kira kamu mau beli nggak?

Baca juga: Ga Usah Maksa Pas Kalau Beli Furnitur Secara Online

Bagikan: 603 kali