Ilustrasi Kantong Plastik (Foto: Rumah123/News.com.au)

Kamu yang biasa menggunakan kantong plastik setiap hari, siap-siap ya bakal ada larangan soal ini. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerbitkan peraturan melarang penggunaan kantong plastik.

Peraturan ini berbentuk peraturan gubernur atau pergub. Pemprov DKI menargetkan akan menyelesaikan peraturan itu dalam dua bulan mendatang.

“Target kami sih sebenarnya dua bulan ini harus udah selesai,” kata Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Djafar Muchlisin seperti dilansir oleh Kompas.com.

Baca juga: Indonesia Juara 2 Dunia Sampah Plastik

Sebenarnya, draf rancangan pergub tersebut sudah selesai. Namun, pihak terkait masih mempelajari sebelum Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pemprov DKI akan melaksanakan sosialisasi kepada warga Jakarta mengenai peraturan ini. Selain itu, Pemprov DKI akan menyiapkan barang pengganti kantong plastik.

Gubernur DKI pernah menyatakan pelarangan kantong plastik tidak mudah karena harus ada proses substitusi. Tentunya harus ada barang pengganti kalau tidak ada kantong plastik.

Baca juga:  Kantong Plastik Bakal Dilarang di Jakarta, Yuk Puasa Ga Pakai Kresek Lagi

Masyakarat Indonesia memang sudah terbiasa menggunakan kantong plastik terutama kantong plastik sekali pakai saat berbelanja. Indonesia termasuk salah satu negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia padahal plastik ini berbahaya lho karena tidak bisa terurai sendiri.

Kamu juga pasti salah satunya kan? Buat kamu yang sering berbelanja di mini market, coffee shop, dan lainnya, berapa banyak kantong plastik yang diterima?

Mulai dari sekarang, biasakan untuk menggunakan tas belanja dari kain saat kamu ingin berbelanja. Kamu bisa menggunakan tas kain berkali-kali kan? Yuk, mulai dari sekarang puasa menggunakan kantong plastik.

Baca juga:  Material yang Mirip Plastik Tapi Ramah Lingkungan Lho

Bagikan: 981 kali