Ilustrasi Foto: Rumah123/iStock
 

Setelah di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Rumah DP Nol Rupiah program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bakal ada lagi di Sunter, Jakarta Utara. Udah gitu, lokasinya bakal deketan lagi sama stadion sepak bola bertaraf internasional, yakni Jakarta International Stadium.

"Kami hadirkan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Itu konsepnya DP Nol Rupiah," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (5-5-2018).

Konsep hunian yang bakal dibangun itu, menurut Sandi, berupa Rusun. Skemanya DP Rp0 dan rencana unitnya berjumlah 320. Harganya gak beda dengan yang di Pondok Kelapa, yakni Rp320 juta untuk Tipe 36 dan Rp185 juta untuk Tipe 21.

Baca juga: Pemprov DKI Bangun Hunian DP Rp0, Ciyus nih! Mau Beli Gak?

Perihal pembiayaan pembangunan Rusun tersebut, Sandi mengatakan bekerja sama dengan badan usaha (KPDBU) dengan perkiraan biaya Rp4,7 triliun. Pembiayaannya menggunakan skema KPDBU, yakni Pemprov DKI tidak mengeluarkan satu rupiah pun anggaran dari APBD DKI.

Di lokasi Rusun DP Nol Rupiah tersebut, rencananya juga akan beridiri apartemen, hotel berbintang, masjid tiga lantai, dan sejumlah fasilitas komersial lainnya.

Kapan mulai dibangun? Nah… kamu ga sabar kan? Peletakan batu pertama (groundbreaking) untuk pembangunan stadion sepak bola berstandar internasional di kawasan itu akan dilakukan pada Oktober 2018. Jadi, kira-kira ya deket-deket tanggal itulah!

Bagikan: 1625 kali