OK

Siap-siap! Indonesia Akan Miliki 3 Provinsi Baru, Ini Daftar Namanya

13/04/2022 by Christantio Utama

provinsi baru di indonesia

Inilah daftar nama provinsi baru yang akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Yuk, simak langsung ulasan lengkapnya di artikel ini!

Setelah sebelumnya kita sempat membahas mengenai kota termuda di Indonesia, kini ada berita mengenai daftar provinsi baru yang akan ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Melansir CNBCIndonesia.com, rencana penambahan provinsi itu diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) yang disahkan oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dalam rapat pleno pada Rabu (6/4/2022).

Penasaran provinsi mana saja yang akan lahir?

Yuk, langsung saja kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Provinsi Baru Indonesia Ada di Papua

Provinsi baru indonesia di papua

Sumber: Antaranews.com/Indrianto Eko Suwarso

Indonesia akan mempunyai tiga provinsi baru hasil pemekaran di Papua. Ketiga provinsi itu adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan Tengah.

Hal tersebut tertuang dalam Rencana penambahan provinsi itu diatur dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah yang disahkan oleh Badan Legislasi DPR RI.

“Setelah kita mendengarkan pendapat semua fraksi dan menyatakan setuju. Apakah hasil harmonisasi RUU tentang Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan Tengah dapat disetujui?” tanya Wakil Ketua Baleg DPR, Achmad Baidowi, kepada anggota dewan yang hadir dalam rapat.

“Setuju,” jawab anggota dewan yang hadir.

Nantinya sejumlah kabupaten bakal masuk ke dalam tiga provinsi baru tersebut.

Provinsi Papua Selatan akan diberi nama Anim Ha dengan ibu kota Merauke dan lingkup wilayah Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat, serta Kabupaten Boven Digoel.

Lalu , Provinsi Papua Tengah bakal dinamakan Meepago dengan ibu kota Timika dan lingkup wilayah Kabupaten Mimika, Kabupaten Paniai, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Intan Jaya, serta Kabupaten Puncak.

Sementara itu, Provinsi Papua Pegunungan Tengah akan diberi nama Lapago dengan ibu kota Wamena dan lingkup wilayah Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Nduga, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Yahukimo, serta Kabupaten Yalimo.

Meskipun rencana provinsi baru ini sudah sampai di Badan Legislasi DPR RI, namun masih ada beberapa pihak yang pro dan kontra terkait keputusan tersebut.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai daftar 3 provinsi baru di Indonesia yang akan lahir.

Semoga bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Cisauk Point Tangerang.

Buka lembaran baru, wujudkan impianmu dan kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama

Christantio Utama

Penulis Rumah123.com yang terus belajar tentang dunia Properti dan Keuangan.
Karena memiliki rumah adalah impian dan mencari uang adalah kewajiban.
Pecinta olahraga Badminton dan penonton setia kartun Digimon.