Paduan warna putih dengan hitam membuat kesan ruangan lebih elegan dan cantik.  Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto
 

Warna hitam sering ga jadi pilihan untuk diterapkan pada hunian. Namun, warna ini sebenarnya bisa memukau. Khususnya untuk menciptakan interior yang dramatis. Kalau penggunaannya tepat, warna hitam akan menjadikan interior rumahmu spesial. Coba padukan warna hitam dengan warna putih, paduan warna klasik ini akan selalu tampil menarik. Hitam yang terlihat sangat statis ini akan berubah lebih dinamis ketika disandingkan dengan putih, begitu pun sebaliknya.

Contoh penerapannya, cobalah mencat warna hitam ini pada dinding sebagai background ruangan. Selanjutnya, tambahkan furnitur berwarna putih untuk mempermanisnya. Kamu juga bisa menyulapnya agar tampak ceria dengan menempatkan furnitur warna-warni.

Baca juga: Keluar dari Pakem, Arsitek Richard Meier Desain Bangunan dengan Fasad Hitam

Sebagai warna netral, hitam bisa dipadukan dengan warna apa pun. Kelebihan warna hitam yakni mampu membuat keberadaan dan wujud benda di depannya lebih nyata.

 
Ruang tengah dengan sebutan Black Box. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Selain mengaplikasikan warna hitam secara polos, kamu bisa membuatnya sebagai motif, bahkan, penampilan motif yang dihasilkan oleh warna ini bisa terlihat lebih menarik. Sebut saja motif garis-garis hitam atau belang-belang menyerupai zebra.

Kalau bicara warna, bukan hanya bisa kita terapkan pada dinding saja, melainkan kamu bisa memainkannya pada permukaan meja, kursi, sofa, karpet, lemari, bahkan lampu meja.

Baca juga: Tangga Spiral dari Baja Bercat Hitam? Belum Pernah Lihat Kan Sebelumnya?

Kamu juga bisa menerapkan warna hitam untuk dapur. Berani? Jangan berpikir dapur akan bertambah suram dengan warna hitam. Memang butuh siasat sih agar dapurmu bisa tampak fresh setiap saat. Nah, warna hitam akan membuat kamu ga perlu pusing memikirkan dapur yang tampak kotor setiap saat.

 
Paduan hitam dan putih yang klasik, tapi asyik. Foto: Rumah123/House Beatiful
 

Bagaimana cara menampilkan warna hitam pada dapurmu? Kamu dapat memulainya dengan mengecat tembok dapur dengan warna hitam. Kalau langkah ini bikin dapurmu jadi terlalu gelap, cobalah gabungkan warna hitam dengan warna lainnya yang lebih terang. Kamu bisa menghadirkan warna hitam hanya pada salah satu sisi dinding dapur saja.

Jika kamu tak menginginkan warna hitam hadir penuh dalam dapurmu, kamu bisa menghadirkannya lewat alat memasak, stainless steel, dan home appliances yang ada di dapurmu. Warna hitam bisa juga tampil sebagai warna rak, kitchen set, kabinet, kitchen sink, dan lain-lain.

Baca juga: Eksterior Rumah Bercat Hitam? Rumah Peristirahatan Ini Bisa Jadi Inspirasi Lho

Kamu juga bisa mengombinasikan warna hitam dengan warna lain yang lebih terang, namun masih senada, misalnya putih, emas, dan abu-abu. Kamu pun bisa memadukan warna hitam dengan furnitur kayu. Dengan kombinasi seperti ini, warna hitam akan menghadirkan kesan mewah dan elegan di dapurmu.

 
Dapur modern dengan sentuhan warna hitam. Foto: Rumah123/Getty
Bagikan: 1810 kali