Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
   

Sebut saja namanya Nita (33 tahun). Milenial ini sudah 5 tahun belakangan ini menyewa hunian di bilangan Jakarta Timur. Dari tahun pertama tarif sewanya Rp16 juta, belakangan dia bayar sewa Rp20 juta setahun. Berarti setiap tahun uang sewanya naik Rp1 juta.

Ya gitu deh kalau kamu sewa hunian, uang sewanya bakalan naik terus. Nita pernah sih cari tarif sewa yang lebih murah, tapi kondisi huniannya gak lebih baik. Lagi pula dia jadi harus pindah-pindah setiap tahun kalau mencari tarif yang lebih murah. Dari satu rumah ke rumah yang lain. Alhasil, dia memutuskan untuk tetap di rumah sewa semula meksipun harga sewanya terus naik tiap tahun.

Baca juga: Investor Apartemen Mahasiswa Zaman Now Bisa Untung 8-15% per Tahun

Emang sih ada untungnya juga dia menyewa hunian di dalam Kota Jakarta. Jarak dari hunian ke kantornya gak terlalu jauh. Biaya transportasinya lebih irit ketimbang dia punya hunian di pinggir kota. Tapi, mau sampe kapan dia menguntungkan si pemilik rumah? Udah sang pemilik rumah dapat uang sewa yang selalu naik, capital gain atau harga rumahnya sendiri terus meningkat dari tahun ke tahun. Gak heran si pemilik rumah tambah kaya, sementara Nita merasa begitu-begitu saja. Dari tahun ke tahun, dia gak juga punya aset.

Saat kamu beli rumah pertama, boleh dibilang kamu punya aset pertama. Emang sih awalnya mungkin kamu ngos-ngosan bayar uang muka (DP) dan cicilannya per bulan. Tapi, bayangin dong, kalau cicilannya nanti lunas, maka rumah itu jadi milik kamu kan?

Baca juga: Utang Zaman Now yang Dijamin Bikin Untung

“Rumah atau apartemen akan menjadi aset kita. Walaupun asetnya kita tempati, nilainya naik. Kita beli rumah Rp500 juta, nanti harganya naik menjadi Rp1 miliar. Itu penting karena menjadi harta kekayaan milik sendiri,” kata perencana keuangan, Avian Dwiputra RFA, kepada Rumah123, beberapa waktu lalu.

Kalau kamu sudah punya aset pertama, maka gak akan sulit untuk menambah aset yang kedua, ketiga, dan seterusnya. Pasalnya, kamu kan gak mengeluarkan uang sewa buat kebutuhan hunian kamu, ya gak? Nah, kalau udah gini, aset kamu terus bertambah alias kamu bisa tambah kaya.

Bagikan: 639 kali