Mendiang Arsitek Asal Sri Lanka, Geoffrey Bawa Selalu Mendesain Tangga yang Unik (Foto: Rumah123/Dezeen)

Jangan anggap tangga itu sepele lho ya. Setiap desain tangga itu unik, apalagi kalau membicarakan desain tangga oleh mendiang arsitek Geoffrey Bawa.

Bawa lahir pada 23 Juli 1919 dan wafat pada 27 Mei 2003. Dia salah arsitek Asia yang berpengaruh di zamannya.

Dia mengkombinasikan pendidikan arsitek Barat di Inggris dan juga tradisi negaranya Sri Lanka. Gaya arsitekturnya adalah modern tropis.

Baca juga: Lima Tangga Spiral Percantik Interior Bangunan Ini, Mau Desain yang Sama?

Sejak 1950-an hingga 2000-an, Bawa sudah mendesain 100 bangunan di Sri Lanka, India, Indonesia, Mauritius, Jepang, Pakistan, Fiji, Mesir, dan Singapura.

Bawa merancang rumah, hotel, sekolah, klub, perkantoran, dan gedung pemerintahan. Dia juga mendesain Gedung Parlemen Sri Lanka.

Salah satu ciri khas desain Bawa adalah tangga. Profesor arsitektur dari Sri Lanka, David Robson menyatakan kalau setiap tangga yang didesain oleh Bawa memang unik.

Arsitek Geoffrey Bawa Mendesain Beragam Bangunan Mulai dari Rumah, Gedung Pemerintahan, Perkantoran, Sekolah, Hotel, dan Lainnya (Foto: Rumah123/Dezeen)

Baca juga: Kehadiran Tangga Kayu Percantik Hunian dari Beton Ekspos dan Batu Bata

Bawa mendesain tangga dalam beragam bentuk mulai dari bentuk biasa hingga spiral. Dia menggunakan material beton, kayu, dan lainnya.

“Pendekatan Bawa terlihat dari karakteristik pencarian hal baru dan otentik yang diungkapkan melalui pelajaran masa lalu. Arsitekturnya mengenai tempat merespon konteks fisik dan budaya,” ujar Robson kepada Dezeen.

“Dia menggunakan material tradisional dan metode konstruksi yang menciptakan ruang dan waktu. Dia tidak pernah mengulanginya lagi desainnya,” lanjut Robson yang juga menulis buku dengan Bawa.

Baca juga: Gimana Kalau di Rumah Pakai Tangga Spiral yang Bisa Terbang?

Arsitek Geoffrey Bawa Mendesain Tangga dalam Beragam Bentuk dan Juga Menggunakan Bermacam-macam Material (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 528 kali