proyek infratruktur jokowi

Inilah proyek infrastruktur yang sekitar setengah abad mangkrak dan diselesaikan oleh pemerintahan Jokowi. Yuk, simak ulasan singkatnya berikut ini.

Semenjak memimpin Indonesia pada tahun 2014 yang lalu, Presiden Jokowi memposisikan pembangunan proyek infrastruktur sebagai garda terdepan dalam meningkatkan perekonomian di Tanah Air.

Terbatasnya akses transportasi umum dan energi di Indonesia membuat masyarakat hidup dan beraktivitas secara terbatas.

Alhasil, roda perekonomian sebuah daerah juga tidak maksimal.

Dari sekian banyak proyek infrastruktur yang telah dirampungkan oleh pemerintahan Jokowi, terdapat satu proyek yang setengah abad tidak selesai-selesai dan kini berhasil dirampungkan.

Proyek apa itu?

Yuk, langsung saja kita simak proyek infrastruktur yang berhasil dirampungkan Jokowi setelah setengah abad mangkrak berikut ini, Melansir CNBCIndonesia.com.

Proyek Infrastruktur yang Mangkrak Setengah Abad dan Diselesaikan Jokowi

Proyek infrastruktur jokowi Sumber: Independensi.com

Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan sudah hampir setengah abad direncanakan. 

Namun, di tangan Presiden Jokowi, proyek ini akhirnya kelar. 

Bahkan pada 2023 sistem jaringan distribusi proyek ini tuntas seluruhnya.

Beberapa waktu yang lalu berlangsung Rapat Koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) bersama Pimpinan Kementerian/Lembaga terkait dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Pertemuan ini untuk membahas mengenai percepatan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan di Kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan, Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan

Salah satunya kelanjutan dari proyek SPAM Umbulan.

Proyek untuk meningkatkan ketersediaan air bersih dan air minum ini dibuat untuk masyarakat dan industri.

Kementerian PUPR sudah berkomitmen untuk mendukung melalui dana DAK tahun 2022/2023, khususnya untuk infrastruktur jaringan distribusinya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur diharapkan dapat mengkoordinasikan Kerjasama Bisnis dengan Pemerintah Kabupaten Gresik dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Namun, pemerintah mulai membangun SPAM Umbulan setelah 45 tahun sejak direncanakan yakni pada 1973 silam. 

Namun, sejak saat itu pembangunan proyek tersebut tiba-tiba lenyap.

Kemudian di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pemerintah kembali melanjutkan proyek ini sejak 2010 dan prakualifikasi satu tahun setelahnya yakni pada 2011.

SPAM Umbulan merupakan proyek sistem penyediaan air pertama yang menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan masuk dalam proyek Strategis Nasional dan Proyek Prioritas.

Meski demikian, kala itu proyek ini tidak mendapatkan minat lebih dari sektor swasta. 

Proyek SPAM Umbulan, akhirnya kembali dilanjutkan di era pemerintahan Presiden Jokowi.

Proyek ini menelan memakan biaya hingga Rp 2,05 triliun yang digarap oleh PT Meda Adhya Tirta Umbulan yang merupakan konsorsium PT Medco Gas Indonesia dan PT Bangun Cipta Kontraktor.

Investasi proyek SPAM Umbulan bertujuan mengalirkan air curah dengan kapasitas produksi sebesar 4.000 liter air per detik dengan jaringan sistem transmisi dari mata air Umbulan kelima Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Provinsi Jawa Timur.

Masing-masing perusahaan tersebut adalah PDAM Surabaya (1.000 liter per detik), PDAM Kabupaten Pasuruan (410 liter per detik), PDAM Kota Pasuruan (110 liter per detik), PDAM Kota Sidoarjo (1.200 liter per detik) dan PDAM Kota Gresik (1.000 per detik).

Nah, itulah proyek infrastruktur yang berhasil diselesaikan oleh pemerintahan Jokowi setelah setengah abad mangkrak.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Grand Teratai Sidoarjo.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
813 kali