Ilustrasi Jalan Tol (Foto: Rumah123/Getty Images/REA Group Australia)

Akhirnya jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi Seksi 1 mulai beroperasi. Presiden Joko Widodo meresmikannya pada Sabtu (1/12/2018) lalu. Pembangunannya sempat tertunda cukup lama.

“Jalan tol ini diharapkan nanti akan bersambung setelah Sukabumi ke Cianjur, langsung ke timur ke Cilacap,” ujar Presiden seperti dikutip oleh Kompas.com.

Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi alias Bocimi memiliki empat seksi. Secara keseluruhan, jalan ini mempunyai panjang 54 kilometer.

Baca juga: Tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang Akhirnya Resmi Beroperasi

Kompas.com melansir bahwa proses lelang jalan tol ini sudah ditetapkan pada 1997 alias 21 tahun yang lalu. Sederetan masalah seperti investor yang berganti dan pembebasan lahan yang lama membuat pembangunannya mangkrak.

Seksi 1 Ciawi-Cigombong memiliki panjang 15,3 kilometer. Jalan ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 15 menit saja.

Seksi berikutnya adalah Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,98 kilometer, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi sepanjang 13,7 kilometer, serta Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer.

Baca juga:  Konstruksi Infrastruktur Tidak Bisa Berbarengan, Efeknya Tol Cikampek Sering Macet

Keberadaan jalan tol ini sudah tentu memperpendek jarak tempuh Bogo-Ciawi-Sukabumi. Selama ini, kawasan Ciawi-Cigombong dikenal macet dan memerlukan waktu 1,5 jam perjalanan.

Selain itu, jalan tol bisa mempermudah distribusi logistik dan juga dapat mengembangkan potensi kawasan yang dilewati oleh jalan tol. Salah satu potensinya adalah pariwisata.

Nah, buat kamu yang mau berlibur Natal dan Tahun Baru 2019, nggak ada salahnya untuk mencoba jalan tol Bocimi Seksi 1 ini. By the way, Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto menyatakan target pekerjaan konstruksi tiga seksi lainnya bisa diselesaikan pada 2022.

Baca juga: Jalan Tol Sragen-Ngawi Diresmikan, Jarak Tempuh Hanya Perlu 1 Jam

Bagikan: 467 kali