barack-obama-kalorama-house-2 Rumah Keluarga Barack Obama di Washington DC, Amerika Serikat (Rumah123/Dezeen)

Amerika Serikat baru saja menggelar pemilihan presiden pada awal November 2016. Kandidat Partai Republik, Donald Trump terpilih menjadi presiden ke-45 usai mengalahkan kandidat Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Trump akan dilantik pada 20 Januari 2017. Obama mengakhiri masa pemerintahan dua periodenya. Obama terpilih menjadi presiden dalam pemilihan 2008 dan 2012.

Baca juga: Keberadaan Jembatan Ini Didesain Tidak Mengganggu Pemandangan Sekitar

Usai mengakhiri jabatan, Obama dan keluarga akan segera meninggalkan Gedung Putih yang selama 8 tahun menjadi kediaman mereka.

Obama dan istrinya Michele Obama serta kedua putrinya Malia dan Sasha bakal memiliki rumah baru yang masih berada di ibukota AS, Washington DC. Meski sebenarnya, Obama hanya menyewa rumah.

Baca juga: Saat Renovasi Selesai, Bandara Ini Bakal Berdampak Positif Bagi Ekonomi Inggris

Obama sengaja menyewa rumah di kawasan ini karena Sasha masih harus menyelesaikan sekolahnya di Sidwell Friends School, Washington DC.

Rumah ini berada di kawasan eksklusif Kalorama, arah Barat Laut Washington DC, tepatnya di Belmont Road nomor 2446.

Baca juga: Hebat Nih, Apartemen Mewah Ini Tidak Melupakan Ruang Publik Lho

Rumah mewah ini mempunyai 8 kamar tidur, 9,5 kamar mandi, dan memiliki luas sekitar 2.499 meter persegi.

Rumah ini mempunyai  banyak fasilitas lainnya termasuk dua dapur yang keren, ruang keluarga dengan perapian, ruang bersantai yang menghadap taman, ruang belajar, kamar penyimpanan pakaian, serta (patio) teras belakang yang luas dan bisa menampung banyak orang.

Baca juga: Wow, Stasiun Kereta Ini Gunakan Material Alami Sekaligus Antivandalisme

Tidak ketinggalan ada garasi yang bisa menampung dua mobil, tempat laundry, dan juga bar yang menyimpan koleksi wine.

Pilihan Obama untuk tinggal di Washington DC memang unik. Dia menjadi presiden pertama yang tinggal di ibukota AS ini setelah lengser.

Baca juga: Bandara Sheremetyevo Akan Menjadi Kebanggaan Rusia, Wah Kayak Apa Ya?

By the way, AS memiliki tradisi untuk tidak menyebut mantan presiden melainkan “presiden ke-“ bagi mereka yang sudah tidak menjabat dan bukan mantan presiden. Trump menjadi presiden ke-45, Obama presiden ke-44, George W. Bush presiden ke-43, Bill Clinton presiden ke-42, dan seterusnya.

Kebetulan, masih ada beberapa presiden yang masih hidup termasuk George H.W. Bush (ayah dari George W. Bush) dan juga Jimmy Carter.

Baca juga: Mau Lihat Stadion Futuristik dan Eco-Friendly dengan Material Kayu?

Opsi Obama masih tinggal di Washington DC memang karena putrinya masih melanjutkan sekolah. Pilihan yang unik karena sejak 1921, tidak ada presiden yang tinggal di ibukota sejak lengser.

Ayah anak Bush, Clinton, dan Carter yang menjadi presiden yang masih hidup memilih tinggal di luar ibukota. Sepertinya mereka memilih untuk menjauhi hingar bingar dunia politik AS.

Bagikan:
2091 kali