Seorang wanita menderita gejala sinusitis - Rumah123.com Seorang wanita menderita gejala sinusitis - Rumah123.com

Gejala sinusitis tentu sudah akrab terdengar di telinga kita. Gejala yang mirip dan biasanya diawali gejala flu ini seringkali terjadi pada penderitanya di semua rentang usia, terlebih lagi di lingkungan yang berdebu dan kotor.

Sinusitis sendiri adalah gejala radang saluran hidung (sinus) yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Radang ini menyebabkan rongga hidung tidak dapat mengeluarkan cairan sebagaimana harusnya sehingga membentuk lendir yang semakin lama semakin menumpuk sehingga terjadi penumpukan cairan di rongga hidung.

Biasanya, sinusitis sendiri menimbulkan efek pusing dan migrain, hidung mampet dan muka seperti tertekan. Namun apabila ada gejala lain selain yang disebutkan di atas muncul, kamu perlu waspadai karena menandai terjadinya komplikasi yang berbahaya!

Sinusitis Kronis

Apabila sinusitis berlanjut lebih dari 3 bulan. Maka gejala sinusitis ini berubah menjadi sinusitis kronis. Gejala ini tentu berbahaya karena sinusitis kronis ini bisa membuat penyakit lain seperti infeksi di beberapa bagian muka.

Infeksi Rongga Mata

Hal ini terjadi karena sinusitis yang terjadi di belakang rongga mata. Sinusitis orbitalis ini tentu membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan, pembengkakan kelopak mata dan sebagainya

Apabila kamu mengalami gejala ini segera pergi ke dokter ya! Karena sinusitis orbitalis yang dibiarkan dapat membuat kebutaan lho! Sereem!

Baca juga: 4 Gejala Penyakit Autoimun yang Sering Tak Disadari

Meningitis

Apabila sinusitis terjadi selaput otak. Maka gejala gejala seperti demam, leher kaku, kebingungan dan muntah muntah dapat terjadi. Waspadai gejala ini ya!

Baca juga: 4 Resep Makanan Penurun Kolesterol yang Enak dan Mudah Dibuat!

Tumor Sinusitis

Jangan pernah membiarkan gejala sinusitis terjadi tanpa pengobatan yang tuntas. Sinusitis yang dibiarkan menahun dan tidak sembuh secara total berpotensi menyebabkan tumor atau kanker sinus.

Tumor atau kanker sinus ini terjadi karena radang yang dibiarkan dan terpapar terus oleh bakteri dan virus yang tidak terbuang. 

Bahaya tumor atau kanker sinus ini tentu bukan main main dan dapat mengancam jiwa kamu. Oleh karena itu sebaiknya apabila kamu mengalami gejala sinusitis, segera lakukan pengobatan. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik sebagai media untuk melawan bakteri yang menyebabkan sinusitis ini.

Nah, bagaimana guys? Mulai sekarang jangan sepelekan sinusitis lagi ya!

Bagikan:
5623 kali