Tak hanya punya segudang manfaat, ternyata perawatan tanaman lidah mertua juga sangat mudah lho! Yuk, simak serba-serbinya!

Lidah mertua bisa diletakkan di dalam rumah dan membawa segudang manfaat - Rumah123.com Lidah mertua bisa diletakkan di dalam rumah dan membawa segudang manfaat (Rumah123.com/Getty Images)

Umumnya, tanaman hias digunakan untuk menambah estetika ruangan. Namun sebaiknya kamu tak cuma memilih tanaman yang sekadar cantik, melainkan juga memberikan banyak manfaat. Nah, salah satu tanaman yang memiliki segudang manfaat adalah lidah mertua. Tanaman dengan nama latin Sansevieria Trifasciata ini dapat membantu mengurangi polusi. Bahkan, Gubernur Anies Baswedan memilih tanaman satu ini pada salah satu program kerjanya untuk mengurangi polusi udara di Jakarta.

4 manfaat dari tanaman lidah mertua

Apabila kamu sedang mencari-cari tanaman hias, tak ada salahnya untuk mengetahui manfaat dari lidah mertua berikut ini!

Meningkatkan kualitas tidur

Tanaman lidah mertua menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen pada malam hari. Studi menunjukkan bahwa kadar oksigen yang lebih tinggi meningkatkan kualitas tidur. Mungkin sudah waktunya menambahkan tanaman itu ke kamar tidur.

Baca juga: Mengenal Tanaman Obat Keluarga, Beserta Jenis dan Khasiatnya

Menyerap racun di udara

Lidah mertua bisa menghilangkan racun seperti formaldehyde, xylene, toluene, dan nitrogen oksida. Debu, polutan, dan racun-racun di udara pun bisa terserap. Begitu juga dengan dampak dari nikotin jika ada yang merokok di dalam rumah. Sementara sebagian besar tanaman lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari (tanpa adanya fotosintesis), Sansevieria terus memproduksi oksigen.

Mencegah Alergi

Tanaman satu ini tidak menghasilkan reaksi pencetus alergi. Tumbuhan tersebut juga menyerap racun dan melepaskan oksigen. Lidah mertua dapat melepaskan uap air di udara dan mengurangi alergen di udara.

Menjadi obat untuk trauma gedung

Gejalanya iritasi telinga, hidung, dan tenggorokan, batuk, gatal, pusing dan mual, kurangnya konsentrasi, kelelahan, bahkan sesak dada dan nyeri otot bisa muncul pada beberapa orang ketika memasuki gedung. Hal ini biasanya terjadi karena ventilasi yang tidak mendistribusikan udara dengan benar, bahan kimia, dan virus. Sansevieria bisa menjadi obat untuk mengatasi hal ini. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Sedang Populer di Kalangan Pecinta Berkebun

Tips perawatan tanaman lidah mertua

Itu dia sejumlah manfaat dari tanaman Sansevieria. Banyak sekali kan? Hebatnya lagi, tanaman ini perawatannya sangat mudah. Kira-kira, seperti inilah perawatan yang bisa kamu lakukan ketika memelihara lidah mertua:

Jemur di tempat yang terkena sinar matahari agar warna tak memudar

Tanaman lidah mertua bisa disimpan di luar maupun di dalam ruangan. Sebab, ia sangat toleran dengan tingkat cahaya rendah, namun bisa juga hidup di bawah sinar matahari. Namun supaya warnanya tak cepat pudar, walaupun kamu meletakkan tanaman ini di dalam ruangan, sebaiknya kamu menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari. 

Tak perlu sering-sering menyiramnya

Lidah mertua bisa tumbuh dengan cepat walaupun perawatan yang dilakukan tak rumit. Kamu bahkan tak perlu menyiramnya sering-sering, cukup lakukan selama satu hingga dua kali seminggu.

Bagikan: 3924 kali