Sebagian besar dari kamu pasti sudah sering mendengar bahwa daun sirih kerap dijadikan obat tradisional turun temurun untuk menangkal berbagai penyakit.

daun sirih - rumah123.com

Buktinya, banyak sekali nenek-nenek yang hobi mengunyah daun tersebut sejak zaman dahulu. Nah, sebenarnya, apa saja sih manfaat tanaman dengan nama latin piper betle ini? 

Apakah secara ilmiah kandungan di dalamnya memang mampu menjadi obat yang ampuh, atau kepercayaan ini hanya mitos dari nenek moyang semata? Apabila tanaman tersebut memang penuh manfaat, bagaimana cara paling tepat untuk mengonsumsinya?

Dalam artikel ini, Rumah123.com akan membahas serba-serbi daun sirih secara lengkap. Yuk disimak!

Kandungan di dalam daun sirih

Daun yang memiliki bentuk hati ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat. Antara lain adalah Vitamin B1, Vitamin B3, Vitamin B12, Vitamin C, zat besi, fosfor, sodium, kalsium, potasium, mineral, protein, avikol, seskuiterpen, betlephenol, minyak atsiri, eugenol, zat samak, antioksidan chavicol, antimikroba, antiradang, antibakteri dan sejumlah zat lainnya.

Banyak sekali kan kandungan pada sirih? Artinya, kepercayaan akan kandungan kesehatan yang terdapat pada sirih bukan hanya mitos semata, melainkan fakta. Sejumlah manfaatnya bahkan telah didukung oleh hasil penelitian klinis. 

Baca juga: Berbentuk Unik, Daun Binahong Ternyata Punya 7 Manfaat Ajaib Ini!

Manfaat yang bisa didapatkan dari daun sirih dan cara menggunakannya

Setelah membahas kandungannya, saatnya membahas manfaat yang bisa diberikan oleh tanaman sirih, khususnya bagian daunnya. Kira-kira apa saja guna daun dari tanaman sirih untuk kesehatan?

Menghilangkan bau tak sedap

Senyawa antioksidan yang terkadung di dalamnya membantu membunuh kuman penyebab bau yang terdapat pada tubuh, mulut, maupun organ intim. Untuk merasakan khasiat ini, kamu bisa merebus daun sirih dan membersihkan tubuh dengan air rebusannya. Sedangkan untuk membersihkan mulut, gunakan hasil rebusan tersebut untuk berkumur-kumur. 

Baca juga: Perawatannya Mudah, Ini 5 Tanaman Aquascape yang Cocok untuk Pemula

- Menghentikan mimisan

Masih berkat senyawa antioksidan yang terdapat di dalamnya, sirih mampu mempercepat respon tubuh dalam menyembuhkan luka, termasuk juga untuk membekukan darah yang mengalir. Untuk mengatasi mimisan, ambil daun yang masih segar, cuci bersih, lalu gulung daun dan masukkan pada lubang hidung yang mengeluarkan darah.

- Meringankan sembelit

Antioksidan yang terdapat pada sirih juga mampu membersihkan tubuh dari radikal bebas dan mengembalikan tingkat pH normal pada perut, sehingga masalah sembelit bisa hilang.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengunyah daun setiap hari layaknya nenek-nenek zaman dulu. Atau cara lainnya adalah dengan menumbuk daun dengan air, menyimpannya semalaman, dan meminum air tumbukan ketika perut kosong.

- Menurunkan rasa depresi

Siapa sangka, daun satu ini juga ampuh untuk meminimalisir rasa depresi. Caranya mudah, cukup dengan mengunyah daun selama beberapa jam setiap harinya, atau meminum air rebusannya dengan rutin. Niscaya, depresi hilang secara berangsur. Hal ini disebabkan karena otak akan memproduksi hormon serotin yang membuat lebih bahagia setiap mengonsumsi duan sirih.

Banyak sekali ya kandungan manfaat dari daun ajaib satu ini? Untuk kamu yang mau mulai mengurangi penggunaan obat-obatan kimia dan beralih pada obat-obatan herbal, bisa menjadikan tanaman sirih sebagai pilihan. Mencari daunnya pun sangat gampang. 

Bagikan: 8290 kali