Asuransi rumah seakan menjadi kebutuhan penting untuk menjamin proteksi rumah tinggal yang kamu huni. Simak jenis klausul, pertanggungan beserta simulasinya di sini selengkapnya. 

asuransi rumah

Asuransi rumah saat ini seakan menjadi hal yang penting dalam menjaga sebuah bangunan dari berbagai risiko. 

Perlu diketahui, segala jenis properti, baik dalam bentuk rumah tinggal maupun bangunan industri, mempunyai risiko yang cukup tinggi.

Terutama terhadap terjadinya berbagai insiden yang terduga maupun tak terduga.

Oleh sebab itu, untuk mengelola risiko secara baik dan benar, penggunaan asuransi rumah pun harus menjadi prioritas penting untuk memberi rasa aman. 

Lantas, seperti apa sebuah asuransi rumah beserta jenis pertanggungannya?

Simak pembahasannya bersama-sama berikut ini. 

Saat ini asuransi bukan hanya sekadar investasi, melainkan sudah menjadi kebutuhan penting 

Jika dulu, asuransi rumah adalah sebuah investasi penting yang harus dibayarkan, maka saat ini sudah berbeda.

Sebab, asuransi kini seakan menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam memberikan perlindungan dan rasa aman akan banyaknya hal berbahaya di depan mata. 

Tak hanya sekadar asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan, asuransi rumah pun akan memberi rasa tenang apabila terjadi insiden yang merugikan.

Selain menjadi satu kebutuhan penting, asuransi ini juga merupakan jaminan atas rasa aman dari penghuni rumah dalam beraktivitas.

Adapun, asuransi rumah saat ini pun tergabung dalam ekosistem pembelian rumah, khususnya dalam pembelian KPR sebagai salah satu jaminan.

Bisa dikatakan, penggunaan asuransi memberi rasa tenang terhadap penghuni rumah secara baik dan bermanfaat.

Baca Juga : 6 Tips Jitu Gadai Sertifikat Rumah Jaminan Disetujui

Mengenal jenis-jenis polis dan pertanggungan asuransi rumah 

Dalam praktiknya, ada beberapa jenis asuransi rumah yang perlu kamu tahu, khususnya dalam bentuk klausul dan pertanggungan.

Ada beberapa jenis asuransi properti yang perlu kamu ketahui, dengan deskripsi sebagai berikut. 

1. Property All Risk/Industrial All Risk 

Ini merupakan jenis asuransi kebakaran dengan jenis unnamed perils, yakni jaminan terhadap seluruh risiko harta benda yang dipertanggungkan, kecuali risiko yang bersifat force majeure

Adapun risiko force majeure dalam hal ini meliputi : terorisme, nuklir, radioaktif, persaingan usaha maupun usia pakai produk rumah.

Dalam hal ini, jaminan yang diberikan oleh layanan Asuransi Property All Risks (PAR), mencakup : 

1. Jaminan kerusuhan, pemogokan, perbuatan jahat, dan huru hara. 2. Penjaminan untuk angin topan, badai, maupun banjir. 3. Jaminan atas bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung api. 4. Jaminan atas tanah longsor atau pergerakan tanah.

Pada dasarnya, asuransi Property All Risk hanya berlaku bagi bangunan non industri seperti kantor, rumah sakit, rumah tinggal, apartemen dan lainnya.

Sementara, untuk bangunan industri seperti pabrik, gudang, mall, toko akan menggunakan asuransi jenis Industrial All Risk (IAR).

2. Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia

Asuransi ini merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) sebagai bentuk layanan dari asuransi kebakaran.

Manfaat asuransi ini memberikan perlindungan pada harta benda, dan atau kepentingan yang dipertanggungjawabkan oleh beberapa kasus sebagai berikut : petir, ledakan, kebakaran, pesawat jatuh dan asap.

Selain manfaat tersebut, asuransi ini juga dapat diperluas dengan jaminan yang tak dijamin oleh PSAKI seperti : 

1. Huru hara, pemufakatan jahat. 2. Banjir, angin topan, dan kerusakan karena air.  3. Tanah longsor.  4. Kebongkaran.  5. Business interruption. (kehilangan keuntungan)  

Cara menghitung pertanggungan asuransi rumah 

Sebelum kamu membeli polis asuransi untuk properti, kamu pun harus mengetahui perhitungan penting dalam pertanggungan asuransi rumah. 

Sebab, kamu pun ingin mengetahui pertanggungan dan manfaat yang akan diperoleh saat kamu membeli polis tersebut agar dapat mengetahuinya secara lebih lanjut.

Kamu pun bisa mengetahui studi kasus mengenai asuransi properti dengan deskripsi sebagai berikut: 

Pak Gino memiliki rumah dengan luas bangunan 135m² dengan nilai pertanggungan senilai Rp850 juta.

Nilai pertanggungan tersebut didapatkan dengan menghitung dana yang akan dibutuhkan saat membangun rumah sebesar 135m² pada saat ini.

Apabila saat ini dibutuhkan dana sebesar Rp6,3 juta untuk setiap meternya, maka untuk rumah seluas 135m² dibutuhkan dana Rp850 juta. 

Tak hanya sekadar fisik rumah saja, kamu pun juga bisa mengasuransikan aset yang terdapat di dalam rumah, sekalipun termasuk barang berharga yang penting.

Sebagai contoh, sebagian aset di rumah kamu bernilai Rp150 juta, maka total pertanggungan secara keseluruhan adalah Rp1 miliar. 

Setelah bertemu nilai pertanggungan secara menyeluruh, kamu pun bisa mengalikan total aset pertanggungan dengan angka 1,25.

Adapun, biaya pertanggungan per tahun yang harus kamu bayarkan untuk asuransi properti senilai Rp1,25 juta.

Perlu diketahui, jumlah tersebut tergolong sangat jauh jika dibandingkan dengan manfaat maupun harga perolehan yang kamu terima.

Baca Juga : Perbandingan 4 Bank Penyedia KPR Syariah Beserta Simulasinya

Demikian beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai pentingnya asuransi khususnya untuk kebutuhan properti.

Pastikan jika rumah tinggal atau apartemen yang kamu huni sudah mendapatkan proteksi terbaik dari asuransi pilihanmu. 

Yuk, cari tahu informasi seputar hunian dan investasi properti selengkapnya di artikel.rumah123.com selengkapnya.

“Tertarik investasi properti di Bandung? Yuk, cari tahu Cluster Btari Summarecon Bandung  selengkapnya di sini.”

Bagikan:
1162 kali