Arsitek asal Jepang, Katsutoshi Sasaki Mendesain Rumah Sempit untuk Kediaman Pribadi (Foto: Rumah123/Curbed)

Desain rumah sempit ini seperti menafsirkan ulang gaya rumah terbuka. Ketimbang berekspansi keluar, arsitek memilih untuk membuat hunian menjadi lebih luas secara vertikal.

Arsitek asal Jepang, Katsutoshi Sasaki mendesain rumah sempit. Hunian ini berada di Toyota, Jepang. Kota kecil ini berada di prefektur (provinsi) Aicihi. Jarak kota ini sekitar 241 km dari ibu kota Jepang, Tokyo.

Sebenarnya, hunian ini merupakan rumah pribadi Sasaki. Situs arsitektur Curbed tidak mengungkapkan berapa luas rumah ini, namun dari sejumlah foto, rumah ini memang sempit.

Baca juga: Rumah Sempit yang Bikin Kamu Kembali ke Alam

Beberapa bagian rumah ini memiliki lebar hanya sekitar 1,5 meter saja, sementara tinggi rumah ini mencapai hampir 8 meter. Sasaki membuat hunian ini luas secara vertikal dan terbuka meski tidak terlalu ekstrem.

Namun, rumah ini memang bukan untuk orang yang mengidap claustrophobia (takut tempat sempit) atau mereka yang acrophobia (takut dengan ketinggian). Yang pasti Sasaki dan keluarga memang tidak demikian.

Untuk mencapai ke lantai atas, Sasaki memasang tangga, namun tidak dengan pegangan. Pada lantai atas, ada ruang kerja dan ruang belajar. Unik juga ya konsep rumah terbuka ala Katsutoshi Sasaki.

Baca juga: Aplikasi Teknik Desain Jepang untuk Renovasi Rumah di Inggris, Seperti Apa Ya?

Sasaki membuat rumah ini dengan memasang beton pada bagian lantai dan memasang dinding kayu. Pada beberapa bagian lantai atas, dia mengaplikasikan material kayu.

Bagian dalam rumah ini mengaplikasikan kayu berwarna terang, sedangkan pada bagian eksterior, dia memakai kayu yang dicat warna gelap. Uniknya, Sasaki seperti tidak memasang pintu yang biasanya didorong, dia hanya memasang pintu geser dan jendela. Alhasil, rumah ini seperti tempat persembunyian.

Buat kamu yang punya lahan sempit dan ingin membuat rumah mungil, mungkin kamu mendapatkan inspirasi dari desain ini. Coba aja, nggak ada salahnya.

Baca juga: Siapa Mau Beli Rumah Kabin dari Jepang?
Arsitek Menyiasati Keterbatasan Lahan dengan Membuat Hunian Vertikal (Foto: Rumah123/Curbed)
 
Bagikan: 4305 kali