Ilustrasi Perumahan Savasa (Foto: Rumah123/Savasa.id)

Panasonic Homes sudah berpengalaman membangun rumah pintar atau smart home. Sekarang, Panasonic Homes berkolaborasi dengan developer besar Sinar Mas Land membangun perumahan serupa di Indonesia.

Panasonic memiliki rekam jejak membangun rumah pintar di Jepang, Taiwan, dan Malaysia. Panasonic dan Sinar Mas Land akan membangun dan mengembangkan kota pintar Savasa di Kota Deltamas, Cikarang. Savasa akan dibangun di atas lahan seluas 37 hektare.

Kota Deltamas merupakan kota mandiri yang memiliki perumahan, area industri, dan kawasan komersial. Kawasan ini memiliki luas 3.177 hektare.

Baca juga: Inilah Jalan Pintar di Masa Depan

Dalam pengembangan tahap pertama akan dilakukan pada kawasan seluas 13 hektare. Pengembangan tahap pertama terdiri dari 811 rumah tapak (landed house) dan juga 33 ruko (rumah toko).

Rumah terbagi dalam empat cluster yaitu Asa, Niwa, Hana, dan Yuta. Ada dua tipe rumah yang dibangun yaitu tipe A da B.

Tipe A memiliki luas tanah 66 m2 dan luas bangunan 64 m2. Sementara tipe B mempunyai luas tanah 84 m2 dan luas bangunan 80 m2.

Baca juga:  Panasonic dan Sinar Mas Berkolaborasi Bangun Savasa di Cikarang

Seluruh rumah di Savasa berlantai dua dan memiliki carport. Untuk harga, rumah di Savasa ini dipasarkan mulai dari Rp978 juta hingga Rp1,2 miliar.

Pembangunan Savasa memberikan terobosan terkini dalam menciptakan hunian secara efisien, namun mempunyai konstruksi bangunan tahan gempa. Pembangunan memakai teknologi Powertech Panasonic.

Konstruksi menggunakan wall precast concentrate alias beton prefabrikasi. Tukang bangunan hanya perlu memasang beton dengan dibantu alat. Hal ini memangkas waktu pembangunan dan menghemat biaya tukang.

Baca juga:  Savasa Hadirkan Township dengan Standar Kualitas Jepang

Material ini juga meningkatkan keamanan rumah karena memenuhi kriteria bangunan anti gempa. Tentunya hal ini cocok bagi Indonesia yang memang rawan gempa.

Selain itu, rumah di Savasa juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Panasonic Home Network System. Rumah juga memiliki sistem penyaring udara dan ventilasi puretech yang dapat menyaring 97% debu, kotoran, dan partikel berbahaya yang masuk ke dalam rumah.

Savasa juga dirancang dengan sistem cross ventilation yang bisa meningkatkan sirkulasi udara. Sistem ini juga bisa membuat rumah menjadi lebih sejuk dan sehat.

Baca juga:  Savasa Akan Jadi Kota Mandiri yang Ramah Lingkungan

Bagikan: 618 kali