tren desain interior- Rumah123.com Ilustrasi Desain Interior Sebuah Ruangan. Kalau Ingin Mengetahui Tren Desain Interior Kekinian, Kamu Bisa Mendatangi Pameran Homeshow Homedec 2019 yang Diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Jakarta Pada 11-14 Juli 2019 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Gaya desain interior apa yang tren saat ini. Sebenarnya banyak, namun tren desain interior ini juga mencakup hal yang simpel, sederhana, dan juga terkait teknologi.

Saat mendesain rumah, orang memiliki preferensi tersendiri seperti halnya ketika memilih busana, musik, dan lainnya. Hal ini tentunya terkait selera.

Jangan heran kalau desain interior sebuah hunian tentu terkait dengan selera dan karakter pemilik rumah. Saat melihat rumah dengan gaya shabby chic, klasik, modern minimalis, modern kontemporer, Skandinavia, atau tradisional, setidaknya bisa dilihat selera pemilik.

Baca juga: Menyelaraskan Desain Interior Keinginan Orang tua dengan Anak? Bisa Aja Kok

Pemilik rumah tentunya ingin mewujudkan rumah impian sesuai dengan gaya desain interior keinginan. Saat mau merealisasikannya, pastinya kamu membutuhkan beragam produk dan solusi yang tepat.

Pameran homeshow Homedec 2019 yang dilangsungkan di Hall B, Jakarta Convention Center, Jakarta pada 11-14 Juli 2019 bisa memberikan jawaban dan kemudahan bagi pemilik rumah. Homedec (Home Design & Interior Exhibition) ini mengusung tagline “Dapetin Kebutuhan Rumah Lo, Sesuai Gaya Lo”.

Homedec ini memang dikenal sebagai pameran untuk renovasi, redekorasi, dan rekondisi rumah. Pengunjung bisa mendapatkan inspirasi, mengetahui tren desain interior, dan juga solusi terkini mengenai rumah.

Baca juga: Desain Interior Bakal Terpengaruh Royal Wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle?

Dalam penyelenggaraan kali ini, ada 300 booth dengan jumlah 100 perusahaan yang menjadi peserta yang datang dari dalam dan luar negeri. Penyelenggara juga menyiapkan sejumlah promo menarik selama acara.

Selain itu, ada sejumlah acara menarik yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan pengunjung seperti talkshow, cooking class, seminar, dan lainnya.

 

Trend Desain Interior Kekinian

Apa yang menjadi trend desain interior kiwari (kontemporer atau kekinian)? Tren memang berganti. Shabby chic sempat naik daun. Begitu juga dengan gaya industrial dan Skandinavia. Tidak ketinggalan modern kontemporer dan modern minimalis. Sementara gaya klasik tidak kehilangan peminat.

“Tren desain yang paling dicari? Kalau dari sisi konsumen itu tren, sisi kemudahan,” ujar Rohadi yang juga Ketua Umum HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia).

Rohadi memaparkan kalau saat ini sejumlah produk rumah tangga memberikan kemudahan dari sisi teknologi. Tren memang terjadi dalam setiap industri. Teknologi juga memang bisa membantu orang untuk hidup praktis. Untuk itu, edukasi teknologi produk juga penting.

Ketua HDII Jakarta, Nuarista Edi Nugraha menyatakan, “Bukan hanya desain, pengguna harus bisa melihat produk yang relevan, bisa adaptasi dengan perubahan.”

Sebenarnya, banyak gaya desain interior masih menjadi tren. Yang harus diingat oleh pemilik rumah adalah selera desain bisa diselaraskan dengan kemudahan dan teknologi. Apalagi saat ini, banyak orang yang memiliki hunian kecil seperti apartemen studio atau rumah mungil.

 

Konsultasi Trend Desain Interior

Rohadi melanjutkan jika pengunjung ingin berkonsultasi dengan desainer interior, HDII memiliki booth di Homedec 2019. “Konsultasi kami bukan free design,” kata Rohadi. Dia berharap pengunjung bisa menghargai desain interior yang telah mengenyam pendidikan tinggi dan mendapatkan ilmu.

Jasa desainer interior memang bisa mahal atau murah, tergantung dari cara pandang konsumen. Namun, Rohadi menyakinkan bahwa desainer interior bisa memudahkan orang dalam mengolah ruangan dalam hunian.

Saat ini, mencari tahu desain interior memang bisa didapatkan dari media sosial atau internet, namun Nuarista memaparkan mendesain memiliki proses yang panjang. Seperti halnya memasak, ada persiapan, memasak, hingga menempatkan makanan di piring.

“Jika menggunakan jasa desain interior bisa lebih hemat bila dibandingkan dengan kesalahan yang dibuat setelah desain,” kata Nuarista.

Baca juga: 4 Inspirasi Desain Interior Ini Bikin Kamu Percaya Warna Gelap Itu Luar Biasa

Bagikan: 1179 kali