rusun pasar rumput

Presiden Jokowi meresmikan Rusun Pasar Rumput yang dibangun Rp970 miliar. Kementerian PUPR memberikan pengelolaan kepada Pemprov DKI.

Pastinya, kamu penasaran seperti apa sih rumah susun atau rusun Pasar Rumput yang mengambil tempat bekas pasar ikonik di Jakarta ini.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan rusun Pasar Rumput pada Senin (20/9/2021), meskipun belum dapat difungsikan.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Rusun Pasar Rumput beserta kios dan fasilitas Pasar Rumput Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta,” ujar Jokowi seperti dilansir dari laman Kompas.com

Pembangunan Rusun Pasar Rumput tersebut, telah memakan waktu tiga tahun atau tepatnya sejak tahun 2016 hingga 2019 lalu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) menghibahkan bangunan tersebut untuk dikelola Pemprov DKI.

Hibah rusun Pasar Rumput beserta kios dan fasilitas yang ada di dalamnya. Hal ini yang membedakan dengan rusun lainnya.

“Nanti, Pemprov DKI yang mengelola”, ucap Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Khalawi Abdul Hamid.

Selain itu, Khalawi menegaskan bahwa Rusun Pasar Rumput ini bukan menjadi rumah milik, melainkan disewakan.

Rumah Susun yang Dibangun dengan Dana Rp970 Miliar

Rusun Pasar Rumput ini memiliki tiga tower, yang masing-masing terdiri dari 25 lantai. Rumah susun ini merupakan salah satu dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Untuk membangun rusun ini, pemerintah mengucurkan dana Rp970 miliar. Hunian ini terintegrasi dengan jalur transportasi ini.

Penghuni dapat mengakses halte TransJakarta serta halte interkoneksi Timur-Selatan menuju Dukuh Atas, hanya dengan berjalan kaki.

Istimewanya, rumah susun ini dibangun berdasarkan konsep mixed-use development (pengembangan terintegrasi).

Lantai satu dan dua diperuntukkan bagi kegiatan komersial berbentuk pasar, dengan rincian, lantai satu sebanyak 318 kios dan 350 los.

Sedangkan lantai dua, dibangun sebanyak 649 kios, sementara fasilitas umum dan fasilitas sosial menempati area lantai 3,

Untuk hunian vertikal dimulai dari lantai 4 hingga 25. Jumlah total ada 1.984 unit rumah susun dengan tipe 36.

Setiap unit telah dilengkapi AC sebanyak 1.984 unit, AC standing sejumlah lima unit, serta kipas angin berjumlah 3.968 unit.

Dengan beroperasinya rusun Pasar Rumput ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memiliki hunian yang layak serta aman.

Rumah123.com pernah membahas mengenai rusun, apa sih bedanya antara rusunami dan rusunawa, simak ulasannya pada tautan berikut ini.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Prasada Mahata.

Bagikan:
267 kali