Metropol Parasol, Spanyol (Rumah123/Yatzer)

Setelah menengok dua museum di Prancis, mari melancong ke negara tetangga yang berbatasan langsung yaitu Spanyol.

Sedangkan satu museum lagi berada di Amerika Serikat. Seperti apa sih museum dengan struktur kayu? Bagaimana juga museum dengan struktur dari baja?

Baca juga: Menang Desain Stadion, Tetapi Tidak Punya Rekam Jejak Bangun Infrastruktur Olahraga

Ketujuh, Metropol Parasol, Seville, Spanyol. Museum ini didesain oleh arsitek asal Jerman, Juergen Maeyer yang merupakan pemiliki biro arsitek J Mayer H.

Desain museum ini memang unik lantaran memperlihatkan struktur kayu berbentuk jamur. Ada struktur besar dengan museum di bawahnya.

Baca juga: Wow Keren, MANICA Architecture Rilis Proyek Stadion Baru

Panjang dan lebar struktur kayu ini berukuran 150x70 meter, sementara tingginya mencapai 26 meter.

Bangunan ini dianggap struktur kayu terbesar di dunia. Namun, pengerjaannya cukup lama dari 2005 hingga 2011. Biaya pembangunannya mencapai 50 juta euro (Rp 705 miliar).

Baca juga: Rotterdam, Wajah Negeri Kincir Angin yang Penuh Ikon Arsitektur

Kompleks bangunan ini terdiri dari museum arkeologi, pasar untuk para petani, plaza untuk berkumpul masyarakat, bar dan juga restoran.

Milwaukee Art Museum, Amerika Serikat (Rumah123/Midametal)

Kedelapan, Milwaukee Art Museum, Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. Koleksi yang dipamerkan oleh museum ini mencapai 30.000 buah!

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 1)

Koleksi museum ini terentang dari lukisan karya maestro Pablo Picasso hingga karya seni kontemporer Andy Warhol.

Ada salah satu bagian dari museum yaitu Quadracci Pavilion yang dirancang oleh arsitek terkenal asal Spanyol, Santiago Calatrava.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 2)

Sepintas museum ini mirip bagian depan sebuah kapal atau perahu. Salah satu bagian lainnya adalah bagian kaca setinggi 27 meter yang bisa dibuka. Sejumlah bagian dari museum ini terbuat dari struktur baja.

Baru delapan dari duapuluh museum yang baru dibahas lho. Masih ada banyak lagi, salah satunya museum perang di Jerman. Wah, kayak apa ya?

Bagikan: 705 kali