apartemen loft- rumah123.com Ilustrasi Apartemen Tipe Loft. Di Indonesia, Apartemen Tipe Loft Memang Belum Banyak. Apartemen Tipe Ini Memaksimalkan Ruang dalam Hunian Vertikal Sehingga Menjadi Lebih Luas dan Nyaman (Foto: Rumah123/Homedit.com)

Apartemen dengan tipe dan konsep loft memang masih terbilang baru di Indonesia. Tipe loft ini memaksimalkan ruang dalam apartemen.

Perusahaan pengembang biasanya menawarkan apartemen dengan tipe studio, one bedroom (satu kamar tidur), two bedroom (dua kamar tidur), dan three bedroom (tiga kamar tidur).

Tipe apartemen ini berbeda berdasarkan luas unit apartemen. Tipe studio menjadi unit apartemen dengan luas yang paling kecil. Meski begitu, para investor biasanya memburu apartemen tipe studio untuk disewakan.

Baca juga: Tips Desain: 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Tinggal di Hunian Kecil

Keempat tipe unit apartemen ini memang lazim dijumpai. Namun, lain halnya dengan unit apartemen dengan tipe loft. Banyak yang belum mengetahui seperti apa apartemen tipe loft ini.

Tipe loft memang belum banyak ada. Hanya segelintir developer yang membuat apartemen dengan tipe seperti ini.

Apartemen dengan tipe loft sebenarnya memiliki sejumlah keunggulan. Penghuni akan merasakan hunian vertikal yang lebih luas dan nyaman.

Apartemen Tipe Loft Memanfaatkan Bagian Atas Hunian

Di Amerika Serikat atau Eropa, apartemen tipe loft merupakan hal biasa. Awalnya, bangunan industri atau perkantoran dialihfungsikan menjadi hunian vertikal.

Kalau di negara-negara Barat memang hal biasa kalau bangunan non hunian diubah menjadi apartemen. Hal ini belum terjadi di Indonesia. Lantaran jarak lantai ke plafon cukup tinggi, maka ada ruang untuk membuat mezzanine atau bagian separuh lantai.

Bagian atas ini bisa dimanfaatkan untuk tempat tidur. Atau pilihan lainnya adalah untuk tempat penyimpanan atau storage.

Baca juga: Tips Desain: Menampilkan Kesan Mewah dalam Rumah Tua Lewat Desain Modern

Jika bagian atas dijadikan area untuk menaruh tempat tidur. Sementara bagian bawahnya merupakan kamar mandi, tempat penyimpanan, hingga area servis seperti menaruh mesin cuci. Sisa ruang yang tersisa bisa menjadi ruang duduk dan ruang makan.

Apartemen tipe loft ini menyiasati keterbatasan ruang dalam hunian vertikal. Luas apartemen memang terbatas jika dibandingkan dengan hunian tapak (landed house).

Apartemen Tipe Loft yang Dijadikan untuk Ruang Bekerja

Sebenarnya, apartemen tipe loft ini juga bisa dimanfaatkan untuk ruang bekerja atau kantor. Apalagi jika area ini cukup luas. Bagi mereka yang memiliki pekerjaan freelance bisa memanfaatkan hunian sebagai tempat bekerja.

Meski belum banyak, ada sejumlah perusahaan pengembang di Indonesia yang menawarkan hunian vertikel tipe loft. Salah satunya adalah ACT Group, developer yang berasal dari Singapura.

Perusahaan pengembang ini memiliki proyek Cambio Lofts di Alam Sutera, Tangerang, Banten. Apartemen ini menawarkan hunian vertikal dengan konsep usable compact living. Konsep ini memaksimalkan fungsi ruang.

Baca juga: Tips Desain: Saat Anak Harus Berbagi Kamar Tidur, Sejumlah Cara Ini Bisa Diaplikasikan

Bagian atas hunian vertikal cukup tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sehingga apartemen bisa terlihat lebih luas, lapang, dan nyaman. Apalagi sejumlah orang masih memandang apartemen merupakan hunian dengan luas terbatas.

Apartemen ini terdiri dari dua tower dan berdiri di atas lahan seluas 1,1 hektare. Developer merancang apartemen dengan tipe loft sebanyak 65 persen dari 1.400 unit apartemen. Sisanya merupakan tipe hunian vertikal standar yaitu one bedroom, two bedroom, dan three bedroom.

Bagikan:
2988 kali