Rumah sehat tentunya akan membuat jiwa dan raga penghuninya sehat pula. Tak perlu banyak usaha, cukup lakukan 6 hal ini untuk membuat rumah semakin sehat!

rumah sehat - rumah123.com Rumah kecil sederhana pun juga bisa kok menjadi rumah sehat. (Rumah123.com/Getty Images)

Kesehatan seseorang bukan hanya bergantung pada aktivitas olahraga atau pun makanan yang dikonsumsi. Percaya atau tidak, kesehatan kita juga sangat bergantung pada kesehatan hunian yang ditempati. Rumah yang sehat tentunya akan membuat jiwa dan raga penghuninya sehat pula. 

Sehat yang dimaksud di sini gak harus mewah lho. Rumah kecil sederhana pun juga bisa kok menjadi rumah sehat. Asal rumah memiliki sirkulasi udara yang bagus, ketersediaan air bersih cukup, dan penerangan yang cukup, rumah tersebut bisa dikategorikan sebagai rumah sehat. Nah, bukan cuma ketiga hal itu saja yang bisa bikin rumah jadi sehat. Dengan melakukan 6 hal sepele ini, rumah kamu bisa lebih berdampak positif lho untuk kesehatan penghuninya. 

Tutup kloset kamar mandi ketika menyiram kotoran

Saat kamu menyiram kotoran di dalam kloset dengan air, bakteri yang terdapat di dalamnya terbang dan menyebar ke seluruh ruangan. Hii, seram sekali ya? Artinya, bakteri yang muncul dari kotoran menempel ke seluruh permukaan kamar mandimu. Bahkan menempel hingga ke langit-langit. Untuk itu mulai sekarang, tutuplah kloset toilet ketika kamu menyiram kotoran. Lindungi juga barang-barang yang rentan terpapar bakteri, seperti sikat gigi misalnya. 

Gunakan shower, bukan bak mandi

Lagi-lagi, ada alasan untuk mengganti bak mandimu dengan shower. Selain lebih hemat air dan listrik, ternyata shower juga lebih sehat ketimbang bak mandi. Sebab, air dalam bak yang terbuka bisa menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Sebenarnya soal kesehatan, tak masalah jika kamu mau terus menggunakan bak mandi, asal jangan lupa untuk menutup bak ketika tak digunakan. Tapi mengingat kamu juga bisa lebih hemat, gak ada salahnya kan menggantinya dengan shower?

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Pasang Shower Kamar Mandi

Meletakkan tanaman di dalam ruangan

Tahukah kamu, bahwa udara di dalam ruangan lebih berbahaya daripada udara di luar? Produk-produk rumah tangga seperti pembersih lantai, cat dinding, karpet, dan lainnya, ternyata bisa memancarkan senyawa berbahaya. Untuk menetralisir udara yang berbahaya tersebut, letakkan tanaman di dalam ruangan. Sebab menurut penelitian, tanaman mampu menghilangkan polutan dan racun di udara. 

Pasang air purifier

Harga air purifier memang cukup mahal, tapi mesin satu ini dinilai sangat efektif untuk membersihkan partikel berbahaya seperti debu, asap, serbuk sari, dan bakteri di udara. Cukup dengan memasang alat ini di dalam ruangan, maka kesehatan penghuni rumah pun menjadi lebih terjaga. 

Kurangi AC, buka jendela  

Jika AC-mu sudah memiliki fitur yang mampu memberi udara segar ke dalam rumah, mungkin tak jadi masalah besar. Tapi tak semua AC begitu. Untuk itu, bukalah jendela dan pintu supaya udara segar bisa bersirkulasi dengan baik. 

Baca juga: Pasang AC 1/2 PK atau 1 PK, Sesuaikan Dulu dengan Daya Listrik dan Luas Ruangan!

Bersihkan kasur secara rutin

Kapan kali terakhir kamu membersihkan kasur? Kalau kamu kesulitan menjawabnya, sebaiknya segera panggil jasa pembersih kasur sekarang juga. Lantaran digunakan bertahun-tahun, kasur sangat rentan terhadap jamur dan kutu. Maka dari itu bersihkanlah secara rutin, paling lama dua minggu sekali. Ganti juga seprai seminggu sekali supaya kamu terbebas dari gangguan kulit.

Bagikan: 1774 kali