Stadion Luzhniki, Moscow Termasuk Stadion yang Ramah Lingkungan (Rumah123/FIFA)

Sekarang udah zaman lagi kalau sebuah bangunan menghabiskan banyak listrik dan air dalam operasionalnya. Bangunan kayak gini sih nggak ramah lingkungan euy.

Saat ini, sudah banyak bangunan yang didesain ramah lingkungan. Kayak apa sih bangunan yang seperti itu?

Baca juga: Nah, Seperti Ini Penampakan Ruang Ganti Timnas Jepang di Piala Dunia 2018

Ada beberapa indikator, beberapa di antaranya adalah penggunaan air dan juga listrik yang efisien. Bangunan tersebut juga harus mendapatkan sertifikasi dari Asosiasi Sertifikasi Internasional BREEAM.

“Standar hijau” atau ramah lingkungan tidak hanya mengurangi dampak terhadap lingkungan. Tetapi, juga berdampak pada banyak hal di masa depan.

Baca juga: Yuk, Main ke Rumah Kapten Timnas Inggris Harry Kane

Beberapa bulan sebelum penyelenggaraan Piala Dunia 2018 Rusia, semua stadion mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan. Stadion yang terakhir mendapatkannya adalah Stadion Luzhniki dan Kazan Arena.

Stadion Luzhniki memenuhi standar hijau karena memiliki pemanas modern, sistem pendingin udara yang baik, dan ventilasi yan bagus. Ada sistem yang bisa memantau dan mengatur konsumsi pemakaian energi.

Baca juga: Punya Tetangga Teroris, Pemain Timnas Belgia Langsung Jual Rumah

Penerangan memakai lampu LED yang bisa mengirit pemakaian listrik. Penerangan di luar stadion memakai sistem hemat listrik.

Sementara penghematan air juga dilakukan. Ratusan liter air bisa dihemat selama ada pertandingan dan semua beroperasi secara normal.

Baca juga: Pindah Rumah ke Inggris, Pemain Brasil Gabriel Jesus Boyong Ibu, Kakak, dan 2 Teman

Selain itu, ada banyak ruang hijau. Banyak taman tersedia. Menurut manajer Stadion Luzhniki, ada 1.050 pohon dan semak-semak yang ditanam. Serta ada area bunga seluas 15.700 meter persegi.

Menurut panitia penyelenggara Piala Dunia 2018 Rusia, sertifikasi hijau untuk stadion di Rusia memang menjadi yang pertama.

Baca juga: Rumah Baru Ronaldo Bakal Bertetangga dengan Bos Juventus

“Saya senang kalau stadion Piala Dunia 2017 telah meraih sertifikasi hijau, bangunan sudah memenuhi standar internasional,” ujar Head of Sustainability & Diversity Konfederasi Sepak Bola Dunia FIFA, Federico Addiechi seperti dikutip oleh situs resmi FIFA fifa.com.

Kalau rumah kamu sendiri termasuk ramah lingkungan nggak? Setidaknya, kamu harus membuat pemakaian air dan listrik efisien biar bayarnya nggak mahal.

Baca juga: Mau Tahu Berapa Sewa Rumah Baru Cristiano Ronaldo?

Stadion Luzhniki Menjadi Tempat Pembukaan dan Penutupan Piala Dunia 2018 Rusia (Rumah123/FIFA)
Stadion Penyelenggara Piala Dunia Berhasil Mendapatkan Kategori Ramah Lingkungan (Rumah123/FIFA)
Penggunaan Air dan Listrik dalam Stadion Ini Dibuat Efisien (Rumah123/FIFA)
Bagikan: 641 kali