Bus Listrik di Shenzhen, China (Rumah123/Curbed)

Selama bertahun-tahun, Shenzhen menjadi kota yang mengoperasikan armada terbesar bus listrik. Namun, mereka boleh bangga kalau sekarang semua bus sudah beralih menjadi bus listrik atau elektrik.

Semua bus alias 16.539 bus yang beroperasi di Shenzhen, China telah menjadi bus listrik. Tiada lagi bus yang menggunakan bensin atau solar.

Baca juga: Sistem Transportasi Masa Depan Tuh Gak Berhenti di Sharing Vehicle ala Uber Doang

Shenzhen menjadi kota metropolitan pertama di dunia yang telah mengoperasikan bus listrik secara keseluruhan. Wow, keren.

Shenzhen merupakan kota utama di provinsi Guangdong, China. Kota ini menjadi kota bisnis utama di China bagian selatan. Shenzhen juga menjadi kota dengan pelabuhan tersibuk di dunia.

Baca juga: Transportasi Urban di Masa Depan Bakal Seperti Ini? Asyik, Dong…

Kota ini memiliki penduduk lebih dari 11,9 juta jiwa. Bus menjadi salah satu sarana transportasi masyarakat perkotaan. Selain itu, masih kereta listrik dan trem.

Jalur bus sudah dikembangkan sejak 1975 dan telah memiliki 900 jalur. Sebagian trayek bus dimiliki oleh swasta. Pemerintah kota memberikan subsidi kepada layanan bus.

Baca juga: Integrasi Bus, Kereta, dan Sepeda, Ini Baru Sistem Transportasi Oke!

Program untuk menjadikan semua bus menjadi bus listrik ternyata lima bulan lebih cepat dari jadwal. Pemerintah China telah menginvestasikan ratusan miliar dollar AS untuk perawatan dan pengeluaran tambahan.

Hal yang dilakukan oleh Shenzhen ini malah mendahului kota-kota lainnya. Sebelumnya, sejumlah kota yang tergabung C40 sepakat untuk mengoperasikan bus listrik pada 2025 mendatang.

Baca juga: Di Jerman Sudah Ada Bus Tanpa Sopir, Kalau di Indonesia Kapan Ya?

Wah, jadi iri ya dengan masyarakat Shenzhen. Mereka bisa bepergian dengan bus listrik yang tentunya ramah lingkungan karena tidak menimbulkan gas buangan.

Hmm, kalau di Indonesia, kayaknya masih lama ya kalau mau kayak begini? Jangankan bus listrik, bus dari zaman orang tua kamu atau malah kakek nenek saja masih banyak yang beroperasi lho.

Bagikan: 456 kali