nussa rara (Sumber: Youtube Official Nussa Rara)

Sempat menuai kontroversi Taliban, film Nussa Rara ternyata diundang ke Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2021.

Film animasi Nussa Rara kembali menuai perdebatan dari masyarakat di Indonesia, sebelumnya memang terjadi pada Januari 2021.

Tudingan datang dari pegiat media sosial Eko Kuntadhi, ia menyebut film itu seolah menunjukan Indonesia sedang promosi khilafah.

Eko melalui akun Twitter-nya menyoroti busana yang dikenakan tokoh dalam karakter animasi Nussa Rara yang disebut mirip Taliban.

"Apakah ini foto anak Indonesia? Bukan. Pakaian lelaki sangat khas Taliban," cuit Eko di akun media sosial Twitter seperti dikutip Rumah123.com, Senin (21/06/2021).

Bahkan, ia menyebut promosi film animasi Indonesia ini ke dunia sebagai hal yang merusak.

"Film Nussa Rara mau dipromosikan ke seluruh dunia. Agar dunia mengira, Indonesia adalah cabang khilafah," tuding Eko.

Sontak tudingan Eko Kuntadhi terhadap Nussa Rara justru langsung diserbu oleh ribuan kritikan dari warganet dan dibilang asal bicara.

Sebelumnya juga Nussa Rara dianggap menyebarkan paham radikal di Indonesia oleh pegiat media sosial, produser Agus Dwimas Sasongko langsung membantahnya.

Banyak warganet menilai film Nussa dan Rara sangat membanggakan karena merupakan karya anak bangsa, apalagi tidak banyak karya animasi serupa.

"Saya coba nonton isinya pesan-pesan kebaikan, bagus-bagus, lebih banyak pesan moral dibandingkan twit anda menurut saya," ujar salah satu warganet membalas cuitan pegiat media sosial.

Nussa Rara Tampil dalam Festival Film di Korea Selatan

Namun tahukah kamu, di balik kontroversi sangkaan Nussa Rara mencerminkan Taliban ternyata film garapan Visinema itu diundang untuk tampil di Festival Film Korea lo.

Melansir dari laman CNN Indonesia, Nussa Rara akan tayang perdana di Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) pada 08-18 Juli 2021 mendatang.

Kabar baik itu dibagikan langsung oleh Visinema melalui akun Instagram resminya beberapa waktu lalu.

"Berkesempatan tayang perdana di dunia pada 25th Bucheon International Fantastic Film Festival, setelah terpilih sebagai film untuk kategori Family Section," tulis Instagram Visinema.

BIFAN merupakan festival film level dunia yang diselenggarakan setiap tahun di kota Bucheon, provinsi Gyeonggi, sejak 1996.

Sekedar informasi, Nussa dan Rara bukanlah satu-satunya film Indonesia yang berkesempatan tayang di BIFAN 2021.

Rumah produksi Miles Films juga belum lama ini mengumumkan film Paranoia akan tayang di festival bergengsi di Korea Selatan itu.

Itulah sisi lain film animasi Nussa Rara yang dikritik di Indonesia, namun justru mendapatkan kesempatan tampil di Korea Selatan.

Bila kamu ingin mencari informasi dunia hiburan tanah air lainnya, silahkan membacanya di situs properti Rumah123.com.

Bagi kamu yang ingin mencari rumah tapak di Gresik, Jawa Timur, pilihan terbaik adalah Nirwana Hill.

Bagikan:
696 kali